Ratusan Mahasiswa Ikuti Pembekalan KPM

Ratusan Mahasiswa Ikuti Pembekalan KPM

IAIN Parepare— Sebanyak 907 mahasiswa yang terdiri dari berbagai jurusan pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare mengikuti pembekalan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM), Kamis (05/07).

Kegiatan pembekalan peserta KPM tahun 2018 merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh calon peserta KPM sebelum menuju ke lokasi. Sedikitnya, terdapat dua kabupaten yang menjadi target KPM pada tahun 2018, yakni kabupaten Sidrap yang terdiri dari 11 kecamatan (99 posko) dan kabupaten Enrekang pada kecamatan Buntu Batu dan desa Latimojong (6 posko).

Pembekalan KPM berlangsung di Audiotrium IAIN Parepare selama empat hari mulai  tanggal 5 sampai dengan 8 Juli 2018 . Ketua panitia KPM IAIN Parepare, Dr. Ramli mengungkapkan tema yang diangkat adalah pengabdian masyarakat berbasis budaya. “Kami ingin mencoba melihat bagaimana potensi-potensi kearifan lokal itu menjadi salah satu kekuatan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia,” jelas Ramli saat menyampaikan laporan selaku Ketua Panitia.

Muhammad Djunaidi selaku Pelaksana Tugas (Plt Wakil Rektor 1) mengungkapkan mahasiswa KPM harus menyesuaikan dengan kondisi dan situasi yang ada di lapangan. “Yang paling penting diantara kalian, pada saat nanti pembentukan kelompok kita sudah berada pada kelompok paguyuban artinya kita sudah berada  pada suatu ikatan kekeluargaan,” nasehat Muhammad Djunaidi sebelum membuka kegiatan pembekalan KPM.

Foto mulai dari kiri: Dr. Zainal Said, M.H (Kepala P3M IAIN Parepare), Drs. Muhammad Djunaidi, M. Ag (Plt. Wakil Rektor I), Dr. H. Sudirman, M.H (Plt. Wakil Rektor II dan Dr. Ramli, S. Ag, M. Sos. I (Ketua panitia KPM 2018)

Sementara salah satu peserta pembekalan KPM, Nurul mengaku antusias dengan adanya Kuliah Pengabdian Masyarakat. Ia mengaku telah sibuk menyiapkan segala keperluan yang akan dibutuhkan di lokasi KPM. Meskipun pembekalan KPM sempat ditunda dikarenakan adanya penyesuaian akademik namun rencananya, pemberangkatan KPM akan tetap dilaksanakan pada Senin 30 Juli 2018 sedangkan penarikan peserta KPM akan dilakukan pada tanggal 17 September mendatang.

 

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *