Perjalanan Diktum: Jurnal Syariah dan Hukum hingga Terakreditasi

Perjalanan Diktum: Jurnal Syariah dan Hukum hingga Terakreditasi

Perjalanan Diktum: Jurnal Syariah dan Hukum di lingkungan Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam, STAIN Parepare (sekarang IAIN Parepare) dalam sejarahnya menuju jurnal terakreditasi bahwa mulai pada tahun 2012 hingga tahun 2014 menjadi salah satu jurnal yang diprioritaskan oleh Ketua STAIN Parepare yang saat itu dibawah kepemimpinan Prof.Dr. H. Abd. Rahim Arsyad, MA., sedangkan yang menjabat Ketua Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam pada saat itu adalah Bapak Dr. H. Sudirman, L., M.H. Sementara Pengelola Diktum: Jurnal Syariah dan Hukum adalah Ketua Redaktur Dr. sudirman Sesse, M.Pd, Wakil Ketua Redaktur Dr. Aris Widodo, MA (sekarang Ketua Redaktur Jurnal Al-Ahkam IAIN Surakarta), Redaktur Pelaksana Drs. Moh.Yasin Soumena, M.Pd., Dr.H.Sudirman L., M.H. (sekarang menjabat Wakil Rektor II Bidang AUPK), Dr. Agus Muchsin, M.Ag., Dr. Sitti Jamilah Amin, M.Ag. (sekarang Sekretaris P3M IAIN Parepare), Budiman Sulaeman, M.HI. (sekarang Ketua Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam), Dr. H. Mukhtar Yunus, M.Th.I. Pada tahun 2014, Dr. Sudirman Sesse, M.Pd sebagai Ketua Redaktur Diktum: Jurnal Syariah dan Hukumtelah bekerja keras agar tersebut diusul menjadi jurnal terakreditasi, akan tetapi saat itu masih ada syarat yang harus dipenuhi dengan penerbitan artikel selama 2 (dua) tahun dengan menggunakan sistem 4:5 yakni (4 (empat) artikel dari dalam dan 5 (lima) artikel dari luar STAIN Parepare), 3:7, atau 2:8. Pengelola Diktum: Jurnal Syariah dan Hukum memilih sistem 4:5 dan artikel terbit selama 2 (dua) tahun dengan sistem itu secara konsisten.

Hanya saja di akhir tahun 2014, setelah syarat tersebut terpenuhi, Diktum: Jurnal Syariah dan Hukum mengalami kendala pengusulan jurnal terakreditasi sebab Ketua Redaktur pindah tugas ke Universitas Negeri Makassar (UNM), dan syarat selanjutnya adalah bahwa jurnal yang akan diakreditasi harus dengan menggunakan sistem OJS (Open Jounal System). Meskipun begitu, pada awal tahun 2015 yang menjadi Ketua Redaktur dijabat oleh Andi Bahri, M.E., dan sempat dua kali pergantian Surat Keputusan (SK) Pengelola dari Ketua STAIN Parepare yang saat itu sudah dijabat oleh Bapak Dr. Ahmad Sultra Rustan, M..Si., dengan alasan bahwa Andi Bahri, M.E., lulus ujian dalam mengikuti seleksi5000 Doktor. Selanjutnya, ditunjuk Bapak Drs. Moh. Yasin Soumena, M.Pd. sebagai Ketua Redaktur, Dr. Fikri, S.Ag., M.HI. sebagai Wakil Ketua Redaktur, dan Redaktur Pelaksana berturut-turut; Dr. H. Sudirman, L., M.H., Budiman Sulaeman, M.HI., Dr. Zainal Said, M.H., Dr. Agus Muchsin, M.Ag., Dr. Rahmawati, M.Ag., Aris, M.HI, dan Dr. Muh. Ali Rusdi Bedong, M.HI. Hal yang sangat berkesan pada tahun 2015 dengan euforia yang luar biasa dari seluruh pengelola adalah Diktum: Jurnal Syariah dan Hukum terindeks moraref. Tidak berhenti sampai di situ, Ketua Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam, Bapak Budiman, M.HI., terus memberikan dukungan dan mendorong pengelola pada setiap pertemuan selalu menyampaikan dan mengingatkan agar Diktum: Jurnal Syariah dan Hukum ini dapat terakreditasi.

Pada tahun 2016, selain pengelola menggunakan dana yang bersumber dari DIPA STAIN Parepare pada setiap tahunnya, juga memperoleh bantuan pengembangan jurnal dari Diktis. Dana bantuan tersebut digunakan untuk pelatihan jurnal OJS di UIN Maulana Malik Ibrahim  Malang bersaman dengan pengelola Jurnal Al-Maiyyah. Hasil dari pelatihan itu belum maksimal dan pengelolaan jurnal masih stagnan. Hanya beberapa artikel tertentu saja yang dapat dionlinekan. Hingga tahun 2017, Ketua STAIN Parepare melalui kebijakannya dengan mengajak semua pengelola jurnal untuk mengikuti Workshop “OJS Menuju Jurnal Akdereditasi” dengan mendatangkan tim trainer dari STAIN Kudus.Pasca workshop itu, pengelola Diktum: Jurnal Syariah dan Hukum terus bekerja keras agar menjadi jurnal OJS. Hampir semua artikel dari setiap volumeberhasil dibaca dan diterbitkan secara online. Akan tetapi, beberapa bulan kemudian dari artikel yang sudah berhasil  diterbitkan secara online dengan OJS versi 2 berafiliasi ke jurnal OJS versi 3. Berkaitan dengan sistem tersebut, pengelola Diktum: Jurnal Syariah dan Hukum terus mempelajari sistem OJS versi 3 hingga mengajak semua pengelola jurnal di IAIN Parepare, saat itu masih STAIN Parepare untuk bersama-sama menggelar training secara intensif pada setiap malam Rabu selama 4 (empat) bulan di ruangan TIPD Training yang dibimbing oleh Muhammad Haramain, M.Sos.I. Tidak terkecuali Bapak Budiman, M.HI sebagai Ketua Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam rela berpartisipasi dalam kegiatan tersebut hingga pukul 24.00 malam untuk ikut lembur.

Pada tahun 2018 berdasarkan SK. Rektor IAIN Parepare No.10 Tahun 2018 bahwa pengelola DIKTUM: Jurnal Syariah dan Hukum dengan menunjuk Ketua Redaktur Dr. Fikri, S.Ag., M.HI., Wakil Ketua Redaktur Dr. Muh. Ali Rusdi Bedong, M.HI., Redaktur Pelaksana diantaranya Aris, M.HI., Dr. H. Abdul Syatar, M.HI., Andi Baso Pallawagau, MA., Muhammad Majdy, Lc., M.MA., Dr. Muhammad Ilham, M.Fil.I. Masih melanjutkan kegiatan pada tahun 2017 dengan melakukan training yang dilaksanakan pada bulan April sampai bulan Juli dengan mempelajari lebih mendalam sistem OJS versi 3. Pada bulan Oktober yang lalu, pengelola menerima undangan dari DIKTI untuk workshop persiapan Akreditasi Jurnal yang dilaksanakan di Makassar. Kegiatan dalam workshop itu berbenah untuk persiapan proses daftar di ARJUNA untuk pengusulan akreditasi. Alhamdulillah prosesnya begitu cepat. Bulan oktober kami dari pengelola mendaftar, tepatnya tanggal 18  Desember 2018 sudah terbit SK Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti No. 34/E/ KPT/2018 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2018. Capaian itu patut disyukuri di tengah segala keterbatasan yang ada, kami banyak disupport oleh pimpinan utamanya Bapak Rektor IAIN Parepare, Ketua Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam kepada pengelola.

Keberhasilan kami sebagai pengelola mengantar Diktum: Jurnal Syariah dan Hukum terakreditasi, meskipun bukan yang terbaik berada di Sinta 6, namun paling tidak ini adalah torehan emas karena Diktum: Jurnal Syariah dan Hukum merupakan jurnal pertama di IAIN Parepare yang terakreditasi. Hal ini sekali lagi berkat arahan Penanggungjawab Bapak Dr. Ahmad Sultra Rustan, M.Si., dan Bapak Budiman, M.HI., serta kerjasama yang apik Ketua Redaktur Dr. Fikri, S.Ag., M.HI., Wakil Ketua Redaktur Dr. Muh. Ali Rusdi Bedong, M.HI., Redaktur Pelaksana Aris, M.HI., Dr. H. Abdul Syatar, M.HI., H. Andi Baso Pallawagau, Lc., MA., Muhammad Majdy, Lc., M.MA., Dr. Muhammad Ilham, M.Fil.I. Tentunya harapan kami dari pengelola akan terus bekerja dan berkreasi(never stop) agar dapat meningkatkan kualitas artikel, manajemen OJS serta tata kelola organisasi di OJS, hingga nantinya berada di Sinta 2. Harapan kami selanjutnya adalah semua jurnal di lingkungan IAIN Parepare dapat mengikuti jejak Diktum: Jurnal Syariah dan Hukum untuk  dapat terakreditasi. Kami dari pengelola tidak akan meninggalkan mereka, sebab mereka semua adalah kawan kami, teman seperjuangan dalam training yang bersama-sama membagi pikiran hingga dapat menghasilkan gagasan yang tercerahkan.

Plt. Ketua Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam menyampaikan selamat atas keberhasilan pengelola mengantarkan Diktum: Jurnal Syariah dan Hukum terakreditasi. Capaian ini, bukan kerja baru kemarin, tetapi melalui proses panjang dan berkesinambungan dari tahun ke tahun khususnya 4 (empat) tahun terakhir ini. Ditambahkan pula wujud dari usaha tidak mengenal lelah dari pengelola yang bekerja keras dengan spirit keikhlasan dan keberkahan. Pencapaian ini juga merupakan kado istimewa kepada Bapak Budiman, M.HI selaku Ketua Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam. Semoga pencapaian itu menjadi sinyal kuat bahwa beliau husnul khatimah dalam mengemban amanah yang begitu berat namun mulia.

Penulis: Dr. Fikri, S. Ag., M. HI

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *