Survive Hadapi Industri 4,0 dengan Peningkatan Skill

Survive Hadapi Industri 4,0 dengan Peningkatan Skill

IAIN Parepare— Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare melaksanakan seminar multidisipliner pengembangan program studi di lantai 5 Aula Perpustakaan IAIN Parepare, Kamis (27/12).

Empat program studi (Prodi) yang menjadi target peserta seminar ini di antaranya prodi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah, prodi Manajemen Keuangan Syariah, prodi Akuntansi Syariah dan prodi Pariwisata Syariah.

Seminar yang mengusung tema actualiazation of Islamic ekonomic development in industri 4,0, menghadirkan narasumber akademisi dan praktisi yakni  Dr. Mursalim, SE., MSi., Akt., CA., CPAI., CPA., CSRS., CSP., ASEAN CPA (Ketua Program Studi Magister Akuntansi UMI Makassar), Dr. Anwar Rauf, SE., M.Si (Dosen UNM), dan Rusmin Nuryadin, SE., M.Si (Asosiasi Pelaku Pariwisata Profesional Indonesia).

Ketua Panitia, Syahriah Semaun mengungkapkan dipilihnya tema tersebut karena melihat adanya peluang dan tantangan pada industri 4,0.

“Kami melihat bahwa revolusi  industri tahun ke empat sekarang merupakan peluang dan tantangan. Prospek bagi perkembangan program studi di jurusan Syariah dan Ekonomi Islam dan merupakan tantangan bagi SDM (Sumber Daya Manusia) alumni-alumni dari jurusan Syariah dan Ekonomi Islam,” ucapnya saat menyampaikan laporan.

Sementara Ketua jurusan Syariah dan Ekonomi Islam, Budiman mengungkapkan pentingnya membekali diri dengan skill atau keterampilan.

“Tujuan dari kegiatan ini sebenarnya bagaimana membuat anak-anakku melek terhadap keadaan dunia global sekarang. Anak-anakku jangan pernah berfikir bahwa kalian akan berhasil kalau hanya  mengandalkan prestasi akademik tanpa membekali diri dengan skill atau keterampilan. Hari ini kita bisa lihat bahwa orang yang bisa survive dalam hidup itu yang paling banyak keterampilannya,” terangnya.

Lebih lanjut Budiman juga mengimbau kepada peserta agar tidak hanya terpaku pada program studi tetapi terus berupaya memperluas wawasan serta melengkapi diri dengan kemampuan berbahasa Inggris.

Seminar tersebut dibuka langsung oleh Dr. H. Sudirman L, selaku Pelaksana tugas (Plt) Wakil Rektor II  bidang Administrasi Umum,  Perencanaan dan Keuangaan IAIN Parepare.

“Saya ucapkan terima kasih, ini adalah jeri payah dalam rangka pengembangan, mengasah kompetensi mahasiswa kita supaya di luar sana masyarakat melihat bahwa ternyata IAIN itu bukan hanya sekedar baca khutbah atau doa saja tapi mereka pintar ekonomi, mereka pandai IT karena visi kami akultrasi budaya dengan Islam berbasis teknologi informasi,” ucapnya sebelum membuka kegiatan.

 

 

 

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *