Kolaborasi Tiga HMJ, Gelar Dialog Manajemen

Kolaborasi Tiga HMJ, Gelar Dialog Manajemen

IAIN Parepare— Tiga pengurus Himpunan Program studi (Hima Prodi) studi manajemen yang ada di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare saling berkolaborasi menggelar kegiatan Dialog Manajemen, Selasa (08/01).

Tiga program studi tersebut di antaranya Manajemen Keuangan Syariah, Manajemen Dakwah dan Manajemen Pendidikan Islam. Dialog yang mengusung tema Islamic Leadership dihadiri Ketua jurusan, Ketua penanggungjawab Prodi dan puluhan mahasiswa.

Hadir narasumber Dr. Abu Bakar Djuddah, M. Pd (Plt. Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Parepare), Dr. Muhammad Idris Usman, MA (Plt. Kepala Kementerian Agama kota Parepare).

Foto: sesi tanyajawab

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan peringatan maulid Nabi Muhammad Saw yang dilanjutkan pada malam harinya (Selasa malam). Hikmah maulid dibawakan oleh Dr. Hannani, M. Ag (Dosen IAIN Parepare).

Sekertaris Dewan Mahasiswa (Dema) IAIN Parepare, Paisal Risal mengajak para peserta untuk menyimak dengan saksama pemateri. “Jangan hanya duduk saja, tapi ada nilai-nilai yang kita bawa setelah mendengarkan pemateri, supaya teman-teman sekalian dalam menghadiri kegiatan seperti ini jangan hanya mengejar sertifikatnya,” ucapnya saat menyampaikan sambutan.

Dialog manajemen yang dirangkaikan peringatan maulid nabi Muhammad Saw dianggap sangat tepat oleh Dr. Abu Bakar Djuddah. Hal ini dikarenakan keteladanan dari leadership yang dimiliki oleh rasulullah.

“Ini mengingatkan kepada kita semua, bahwa nabi adalah seorang manajer yang ulung dan diakui oleh dunia. Leadership dijalankan dan mampu mempengaruhi dunia sampai 1400 tahun ke depan, sampai hari ini. Begitu luar biasanya leadership yang dimiliki oleh rasulullah,” ucapnya sebelum membuka kegiatan.

Lebih lanjut Dr. Abu Bakar juga menjelaskan bahwa seorang pemimpin harus memiliki STAF yakni Siddiq, Tablig, Amanah dan Fatonah. “Jadi, anak-anakku sekalian kalau Anda sudah menjalankan yang saya istilahkan STAF abadi ini, Anda akan menjadi manajer yang Islami, Anda akan menjadi leadership yang Islami,” tutupnya.

 

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *