Tim Pengelola SAO Jurnal IAIN Parepare Optimis Akreditasi Jurnal 2019

Tim Pengelola SAO Jurnal IAIN Parepare Optimis Akreditasi Jurnal 2019

Humas IAIN Parepare— Pasca terbitnya Surat Keputusan Rektor IAIN Parepare nomor 407 Tahun 2019 tentang Tim Pengelola Sao Jurnal IAIN Parepare, pengelola langsung melaksanakan rapat koordinasi bersama dengan seluruh pengelola jurnal lingkup IAIN Parepare yang sebelumnya didahului dengan rapat internal yang dilaksanakan pada hari Kamis, 2 Mei 2019 untuk membahas program kerja yang akan dicanangkan tahun 2019 dalam rapat tersebut disepakati bahwa jurnal yang sudah berusia di atas 2 tahun harus segera diajukan ke ARJUNA untuk akreditasi. Untuk menindaklanjuti rapat pertama maka pengelola melakakukan pertemuan pada Jumat, 3 Mei 2019 melakukan evaluasi dan screening terhadap jurnal yang ada. Untuk menindaklanjuti hasil rapat tersebut dilaksanakan rapat koordinasi dengan pengelola jurnal di IAIN Parepare.

Berangkat dari hal tersebut tim pengelola SAO Jurnal IAIN parepare yang di Nahkodai oleh Dr.Ali Rusdi, S.Th.I, M.H.I , berkomitmen di tahun 2019 minimal ada 4 jurnal IAIN pareare yang telah terakreditasi. Komitmen bersama ini dia ambil pada saat rapat seluruh Tim pengelola jurnal lingkup IAIN Parepare di Ruang Rapat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada masyarakat (LP2M) IAIN Parpare, 08/05/2019.

“ Tahun ini kita sepakat bahwa minimal ada 4 jurnal kita yang harus terakreditasi, jadi kita perlu komitmen dan kerja keras teman-teman. Kedengaranya memang bukan hal yang mudah tapi bukan berarti kita tidak bisa” papar Ketua Tim SAO Jurnal Ali Rusdi

Diketahui bersama bahwa Jurnal yang di kelola IAIN parepare berjumlah 6 buah yakni, Diktum (Jurnal Syariah dan Hukum) terakreditasi Sinta 6, Kuriositas (Media Komunikai social dan Keagamaan), Komunida (Media Komunikasi dan Dakwah), Al-Maiyyah (Studi gender dan Anak), dan Al-Islah (Jurnal Studi Pendidikan), Banco (Jurnal Manajemen Perbankan Syariah).
Dalam rapat tersebut Ali Rusdi pun memaparkan beberapa hal yang menjadi titik lemah dalam pengelolaan jurnal selama ini baik dari segi subtansi, teknis, Reviewer maupun dari kualitas tulisan (Plagiarisme), hal tersebut menjadi pekerjaan rumah para pengelola jurnal untuk meminimalisir kelemahan kelamahan yang ada.

“ya.. kita tidak pungkiri masih banyak kekurangan-keurangan yang harus kita benahi bersama, baik dari segi subtansi seperti Reviewernya sampai dengan tingkat Plagarismenya maupun persoalan teknis lainya, di tahun ini kita akan benahi semua itu untuk menuju komitmen yang kita harapkan bersama. “tutup Ali Rusdi”
Pasca rapat Islamul Haq selaku pengelola Jurnal Kuriositas mengapresiasi pertemuan perdana SAO Jurnal tersebut.
“dengan adanya SAO Jurnal koordinasi semua jurnal yang ada di IAIN Parepare dapat terkonsolidasi dengan baik untuk meningkatkan kualitas jurnal yang ada.” Tutur Islamul Haq.

Penulis sumber: Ali Rusdi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *