Humas IAIN Parepare Dorong Pencitraan Lembaga Melalui Media Sosial

Humas IAIN Parepare Dorong Pencitraan Lembaga Melalui Media Sosial

Humas IAIN Parepare— Kasubag Kerjasama dan Hubungan Msyarakat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, Suherman Syach mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Kehumasan Bidang Pengawasan Tingkat PTKN se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI selama 3 hari, 16-18 Mei 2019 di Hotel Aviary Bintaro kota Tanggerang Selatan.


Suherman menjelaskan, Pelaksana harian (Plh.) Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenag RI, H. Rojikin menyampaikan banyak informasi saat memberikan sambutan pada acara tersebut.Salah satu yang ditegaskan beliau terkait eksistensi dan peranan penting humas pada setiap kelembagaan. Menurutnya, pada era digital ini humas menjadi corong lembaga untuk menyampaikan informasi kegiatan kepada masyarakat.


Merespon hal tersebut, Suherman sebagai penanggungjawab Kehumasan termotivasi mendorong peningkatan peran dan fungsi humas di IAIN Parepare melalui publikasi pemberitaan. “Kami sudah memiliki website/portal berita dan akun media sosial, seperti facebook, instagram, twitter, channel yuotube, dll.,”ujarnya.


Untuk memaksimalkan media publikasi tersebut, menurut dia, akan membangun sinergisitas dan kerjasama dengan semua pihak, khususnya dengan pengelola website dan Pusat Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) dalam melakukan pengayaan dan kreatifitas konten berita. “Media publikasi kami sudah ada, tinggal konten beritanya harus diperkaya. Untuk itu, kami akan menyiapkan kontributor dan tim redaksi agar setiap aktivitas atau kegiatan yang diadakan seluruh civitas akademika IAIN Parepare dapat tercover semua untuk publikasinya,” paparnya.


Humas akan mendorong publikasi pemberitaan melalui media sosial. Menurutnya, media sosial menjadi sarana strategis, efektif dan sangat murah dalam publikasi berita yang harus dimaksimalkan kemanfaatannya. “Era digital hari ini, masyarakat lebih senang membaca media sosial dibanding media konvensional. Itu yang harus ditangkap sebagai peluang,” tegasnya.


Tujuannya tidak lain sebagai upaya membangun citra dan kepercayaan masyarakat kepada IAIN Parepare. Sebagai lembaga publik, penting adanya IAIN Parepare membangun aksebilitas informasi kepada khalayak umum. Semakin banyak dan mudah informasi diterima masyarakat, semakin baik terhadap citra lembaga.


Selain itu, Suherman mengungkapkan akan berupaya membangun kerjasama dengan media mainstream yang ada, baik media online mau pun cetak. Kerjasama antar media harus dibangun dengan baik. Media harus menjadi parnership lembaga karena mereka sangat membantu dalam pemberitaan dan sosialisasi.


Plh. Irjen Kemenag RI berpesan kepada kami agar melaksanakan fungsi kehumusan untuk membangun citra satker masing-masing dan citra Kemenag RI pada umumnya. Inspektorat Jenderal Kemenag RI berjanji akan membangun sinergisitas dengan humas PTKN dalam mewujudkan citra kelembagaan, termasuk memberikan affirmasi anggaran dan peningkatan sumber daya tenaga kehumasan secara berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *