Dialog Akademik: Direktur PTKI sebut IAIN Parepare layak jadi Universitas Sains

Dialog Akademik: Direktur PTKI sebut IAIN Parepare layak jadi Universitas Sains

Humas IAIN Parepare – IAIN Parepare melaksanakan silaturahmi dan dialog Akademik yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama di Mesjid Alwasilah kampus IAIN Parepare, Kemarin, Rabu 28/05/2019. Kegiatan ini dimulai pukul 16.00 hingga menjelang waktu berbuka puasa.

Dialog akademik ini dihadiri oleh unsur pimpinan, Dosen, Pegawai dan tenaga kontrak. Turut hadir juga Direktur PTKI, Prof. Dr.M.  Arskal Salim Gp, MA yang turut memberikan apresiasi mengenai cita-cita dari rektor IAIN Parepare untuk berubah menjadi Universitas.

Arskal Salim ketika memberikan arahan mengatakan “Sejak awal berdirinya IAIN Parepare ini melihat bahwa sekarang IAIN sudah begitu besar, dimana  Cikal bakalnya tumbuh berawal dari fakultas tarbiyah IAIN Alauddin Makassar kemudian tumbuh dan tumbuh terus menjadi besar.”

Oleh karena itu Direktur PTKI sangat mengharapkan kepada semua sivitas akademik untuk mengapresiasi harapan dan cita-cita yang  diinginkan oleh pimpinan dan bergerak bersama-sama untuk mencapai cita-cita tersebut.Sesuai Visi dari direktorat Perguruan Tinggi dari renstra Direktorat  PTKI 2020-2024. Direktur PTKI menambahkan “Visi PTKI adalah menjadikan  PTKIN sebagai pusat pendidikan dan kajian islam moderat dengan mengkokohkan model akulturasi islam dan sains yang inovatif dan bekersama.”

Arskal Salim menyampaikan bahwa Keinginan rektor IAIN Parepare ini sudah sejalan dengan visi Dirjen PTKI ini. Dimana rektor IAIN sudah melihat kedepan bagaimana dari arah perkembangan IAIN Parepare.

“untuk meraih cita cita tersebut ada beberapa kebijakan yang perlu ditempuh potensi keilmuan melalui sains dan teknologi dapat dilakukan dengan 6 cara. Mengapa di anggap penting?, agar semua civitas akademik dapat bersama-sama mempunyai tujuan tujuan yang sama dan seiramah.” Ujarnya

Jangan sampai ada PTKIN yang memiliki tujuan yang melenceng dengan tujuan direktorat PTKI. Sehingga perlu memperhatikan  ke enam cara tersebut.

Arskal menjelaskan “pertama, itu Perluasan Akses yang terkendali dan berpendidikan, Akses ini sudah ada yaitu melalui transformasi STAIN Parepare menjadi IAIN Parepare.  Kedua,Peningkatan izin akreditasi, akreditasi prodi perlu terus diperhatikan ditingkatkan dan didampingi saat mendapatkan akreditasi, jadi PTKIN yang masih Akreditasi C Program studinya ini perlu perhatian.

Ketiga, Peningkatan kualitas dosen dari tingkat muda ke Lektor kemudian dari Lektor ke Lektor Kepala dan seterusnya. Keempat, Akselerasi guru besar. Kelima, Peningkatan tata kelolah yang baik dengan sistem penjaminan mutu internal, dan yang terakhir keenam, adanya Relevansi program studi dan Pasih. Dimana program studi relevan dengan kebutuhan masyarakat.” Jelas Arskal Salim ketika memberikan arahan pada Dialog Akademik kemarin.

Kemudian pada sambutan rektor IAIN Parepare, Dr. Ahmad Sultra Rustan, M.Si, juga mengatakan bahwa “kita harus melihat bagaimana arah perubahan IAIN parepare Kedepannya.” Ahmad Sultra rustan juga berharap “IAIN Parepare Bisa berubah bentuk menjadi Universitas sains  Kota Parepare, seperti Universitas yang ada di negeri tetangga Malaysia.”

Selanjutnya Acara dialog ini ditutup dengan tauziyah oleh Dr. H. Suarning, dan dilanjutkan buka puasa bersama serta shalat magrib berjamaah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *