IAIN Parepare akan Jadi Pilot Project Pelaksanaan Penataran P4

IAIN Parepare akan Jadi Pilot Project Pelaksanaan Penataran P4

Humas IAIN Parepare— Tepat pukul 08.00 wita, Sabtu, 1 Juni 2019, upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila dalam lingkup kerja IAIN Parepare dimulai. Bertempat di pelataran gedung Zona Akreditasi, Rektor IAIN Parepare, Ahmad Sultra Rustan bertindak sebagai inspektur upacara.


Meski dalam keadaan hujan gerimis, seluruh civitas akademika IAIN Parepare tetap antusias berkumpul dan menghadiri upacara. Mulai dari pimpinan institut, pimpinan fakultas, unit pelaksana teknis, dosen, CPNS, sampai kepada satpam dan clening service. Mereka dengan semangat dan jiwa patriotisme mengikuti upacara dengan hikmat dalam keadaan basah.


Rektor IAIN Parepare selaku Inspektur upacara usai membacakan sambutan seragam Kepala BPIP menyampaikan beberapa arahannya. Salah satunya, Rektor menyatakan komitmennya untuk mengintenalisasikan nilai-nilai Pancasila di kampus. IAIN Parepare akan concern terhadap pengembangan dan pengamalan nilai-nilai Pancasila. Hal itu telah dibuktikan, ucap Rektor, dengan dihadirkannya satu lembaga khusus dalam Ortaker IAIN Parepare, yaitu Pusat Studi Pancasila dan Bela Negara (PSPBN).


Melalui lembaga yang dipimpin Drs. Muzakkir, M. Ag ini, IAIN Parepare akan mendorong idiologisasi Pancasila sebagai nilai-nilai luhur dalam kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya bagi civitas kampus dan bagi bangsa Indonesia pada umumnya. Tanggungjawab itu akan diambil sebagai bagian tugas akademik dan pengabdian perguruan tinggi terhadap bangsa dan negara. Kampus akan menjadi garda terdepan dalam pengembangan dan pengamalan nilai-nilai Pancasila.


“Saya bersama Kepala PSPBN tengah mengkaji dan merencanakan untuk kembali menghidupkan penataran Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4). Insyaallah IAIN Parepare akan menjadi Pilot Project penataran P4 untuk Perguruan Tinggi di Indonesia,” papar Rektor dalam sambutannya.

Menghidupkan kembali pelaksanaan Penataran P4 diyakini sebagai langkah strategis dalam upaya membumikan nilai-nilai Pancasila sebagai Idiologi berbangsa dan bernegara, khususnya bagi kalangan civitas akademika kampus.


Keinginan Rektor untuk menjadi Pilot Project Penataran P4 disambut optimis civitas kampus. Ketua Senat mahasiswa, Musriadi yang dimintai pendapatnya melalui telpon selulernya memberikan respon positif terhadap gagasan Rektor untuk menghidupkan kembali penataran P4 di kampus. Hal senada disampaikan Hasmiah, dosen pengampuh mata kuliah Pancasila pada Fakultas Tarbiyah. “Saya sangat setuju dengan gagasan pak Rektor untuk mengadakan penataran P4 di Kampus. Penataran P4 sangat penting untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai Pancasila, khususnya dikalangan mahasiswa,” ujar Hasmiah.


Dalam rangkaian upacara bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila ini, Rektor juga menyerahkan SK Menteri Agama RI tentang pengangkatan CPNS dalam lingkup IAIN Parepare. SK CPNS ini diserahkan kepada 10 orang CPNS dosen yang dinyatakan lulus pada seleksi CPNS Kemenag RI tahun 2018. Penyerahan SK CPNS ini untuk kedua kalinya, setelah sebelumnya telah serahkan kepada 23 CPNS. Mereka yang menerima SK CPNS adalah yang lulus dengan pengsyaratan kualifikasi nilai cumlaude.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *