Peserta Upacara Bendera Berdoa Untuk Perjuangan Kontingen Pioner di Malang

Peserta Upacara Bendera Berdoa Untuk Perjuangan Kontingen Pioner di Malang

Humas IAIN Parepare — Pelaksanaan upacara bendera hari kesadaran nasional rutin dilaksanakan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare setiap bulan pada tanggal 17. Kali ini, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam mendapat giliran menjadi pelaksana acara upacara bendera hari kesadaran nasional untuk bulan Juli 2019. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dr. Muhammad Kamal Zubair, M.Ag., bertindak sebagai pembina upacara bendera, sementara pemimpin dan penggerek bendera berasal Resimen Mahasiswa (Menwa).

Untuk penyelenggara acara upacara bendera, Zulkarnail bertindak sebagai pembaca Undang-undang Dasar 1945, Hasnidar sebagai pembaca Sumpah Korpri, Ira Sahara sebagai pembaca Kode Etik ASN, Alfuhera sebagai pembawa susunan acara dan Intan bertindak sebagai dirgen/pemimpin lagu. Upacara bendera ini dihadiri oleh seluruh pegawai IAIN Parepare baik yang berstatus tenaga honorer, ASN pegawai kependidikan, dan ASN dosen. Kehadiran mereka diabsesi oleh pihak kepegawaian dengan menandatangani absen yang diedarkan pasca pelaksanaan upacara bendera.

Muhammad Kamal Zubair dalam amanahnya sebagai pembina upacara menyampaikan bahwa pelaksana upacara bukan sekedar rutinitas semata, tetapi juga memberikan manfaat yang besar bagi pegawai, khususnya dalam membangun silaturrahim, kebersamaan dan meng-update berbagai informasi antar sesama pegawai. Upacara bendera ini adalah satu-satunya momentum untuk saling bertemu dan bercengkrama antara satu yang lain, karena waktu selain ini, semuanya disibukkan dengan pekerjaan masing-masing.

Pada kesempatan ini pula, Muhammad Kamal Zubair memberikan apresiasi atas kebijakan pimpinan, khusus Rektor IAIN Parepare atas berjalannya tim Monitoring dan Evaluasi pada setiap Fakultas dan unit. Menurutnya, kegiatan monitoring dan evaluasi ini akan memberikan efek dan manfaat terhadap peningkatan kinerja, mengukur serapan anggaran dan pertanggungjawaban keuangan yang pada setiap fakuktas dan unit. Oleh karenanya, doktor ilmu ekonomi Islam ini menghimbau kepada semua fakultas dan unit untuk mengsupport tim monitoring dan evaluasi dalam melaksanakan tugasnya.

Selain itu, Muhammad Kamal Zubair mengingatkan kepada koleganya, khususnya para dosen agar memanfaatkan waktu yang lagi “slow” karena libur perkuliahan. “Mari kita memanfaatkan waktu dengan melaksanan kegiatan Menulis, Riset dan Pengabdian. Mumpung waktu lagi “slow”. Riset dan pengabdian adalah bagian dari tri darma perguruan tinggi yang harus dilaksanakan oleh setiap dosen, selain pengajaran,” paparnya dihadap peserta upacara.

Sebelum mengakhiri amanah selaku pembina upacara, Muhammad Kamal Zubair mengajak kepada seluruh peserta upacara bendera untuk berdoa kepada kontingen IAIN Parepare yang sedang berjuang di ajang Pioner. “Semoga anak-anak kita yang sedang bertaruh di ajang Pioner dapat mempersembahkan yang terbaik dan mengharum nama baik IAIN Parepare,” harapnya dalam doa.

Usai pelaksanaan upacara bendera, para peserta tidak langsung pulang ketempatnya masing-masing. Sebagian di antaranya berbincang dan bercengkrama satu dengan yang lain sambil menikmati bubur kacang ijo yang telah disiapkan. Sebagian lainnya, sibuk mengantri untuk menandatangani absen yang diedarkan. Nampak sekali jalinan silaturahmi yang kuat di antara mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *