Semarak HUT ke-74 Kemerdekaan RI, IAIN Parepare Gelar Kompetisi Olahraga

Semarak HUT ke-74 Kemerdekaan RI, IAIN Parepare Gelar Kompetisi Olahraga

Humas IAIN Parepare — Nuansa semarak peringatan Hari Kemerdekaan RI 74 sudah mulai terasa di tengah masyarakat, termasuk para civitas kampus IAIN Parepare. Merdeka merupakan kemewahan dari Allah Swt. untuk setiap insan di bumi. Setiap warga negara memiliki kebebasan mengemukakan pendapat dalam upaya membangun dengan tidak bermaksud mencela, sehingga mendukung penciptaan inovasi tak terbatas dalam rangka memajukan bangsa.

Hal itu relevan dengan tema HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun ini, yaitu “SDM Unggul, Indonesia Maju”. Begitu pula IAIN Parepare turut berperan dalam perayaan Kemerdekaan ke 74, yang tidak hanya sakral tetapi bermakna. Hal itu ditunjukkan dengan berbagai macam cara dan kegiatan dalam menyambut dan menyemarakan peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI, yang diperingati 17 Agustus 2019.

Rabu malam, 14/8/2019, kompetisi olahraga antar civitas kampus resmi dibuka oleh Rektor IAIN Parepare, Ahmad Sultra Rustan. Melalui upacara pembukaan ini, Rektor mengungkapkan esensi dan harapan atas kegiatan kompetisi olahraga yg digelar dalam semarak HUT ke- 74 Kemerdekaan RI. Menurutnya, olahraga itu harus digalakkan karena relevan dengan ajaran Islam. “Di dalam tubuh yang sehat ada jiwa dan pemikiran yang sehat”.

“Pertandingan olahraga perlu digelar dalam rangka menggali dan mengembangkan potensi sumber daya manusia sebagai penguatan kelembagaan. Selain itu, pertandingan olahraga ini harus menjadi sarana “taqarruf” yang lebih mendekatkan atau mengakrabkan antar civitas kampus. Melalui pertandingan ini, kita melepas kepenatan dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab sehari-hari,” kata Rektor memberi amanah.

“Saya berharap ajang ini menajadi momen saling mendekatkan hubungan antar satu dengan yang lain, antar satu lembaga dengan lembaga yang lain. Jadi, meski sifatnya pertandingan, tapi jangan dijadikan ajang yang dapat memecah pertikaian satu dengan yang lainnya. Jauhilah sikap emosional dan amarah jika ada masalah. Hal ini penting, agar tujuan kita untuk menciptakan persatuan dan kebersamaan terwujud, bukan sebaliknya menuai pertikaian atau konflik yang akan merugikan kita secara kelembagaan,” kata rektor mengingatkan.

Bertempat di lapangan futsal, acara pembukaan kompetisi olahraga ini berlangsung sederhana nan semarak. Wakil Rektor bidang KK, H. Muhammad Saleh bertindak sebagai pemimpin upacara. Selain dihadiri para kontingen, juga hadir beberapa pimpinan fakultas, lembaga dan unit. Dekan FUAD, KH. Halim Kuning membacakan doa diakhir acara.

Dalam kompetisi olahraga ini, panitia pelaksana mempertandingkan 3 cabang olahraga, yaitu pertandingan futsal, pertandingan bulu tangkis, dan perlombaan senam tobelo. Pesertanya terdiri unsur dosen dan pegawai yang mewakili nama unit kerja masing-masing. Acara kompetisi didahului dengan pertandingan exhibiton futsal antar pimpinan yang dimotori langsung oleh Rektor IAIN Parepare dan dilanjutkan dengan pertandingan futsal dan pertandingan bulu tangkis.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari panitia pelaksana, hasil pertadingan Futsal yang berlangsung semalam adalah tim FUAD vs Pascasarja dengan skor 7-4, Fakshi vs LPM Conection dengan skor 9-1, Faktar vs Rektorat 1 dengan skor 7-1 dan Rektorat 2 menang WO (3-0) karena tim FEBI tidak hadir.

Sementara hasil pertandingan bulu tangkis Putra, yaitu Pascasarja menang atas FUAD, Fakshi menang atas LPM Conection, Rektorat 1 menang dari Faktar dan FEBI menang atas Rektorat 2. Untuk hasil pertandingan bulu tangkis Putri, yaitu Febi menang atas LPM Conektion, Faktar menang dari Rektorat 1, Rektorat 2 menang wo dari fakshi, Pascasarjana menang dari FUAD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *