Sebelum Mengajar, Calon Dosen LB IAIN Parepare Diseleksi

Sebelum Mengajar, Calon Dosen LB IAIN Parepare Diseleksi

HUMAS IAIN Parepare— Sejumlah calon dosen luar biasa atau sering disebut dosen LB mengikuti penilaian micro teaching di Gedung TIPD lantai 2, Jum’at (16/08).

Nantinya peserta yang dinyatakan layak akan mendapat rekomendasi untuk dijadikan dosen LB yang selanjutnya akan disebar di setiap fakultas lingkup IAIN Parepare sesuai dengan kebutuhan Prodi (Program Studi).

Berbagai hal dinilai dalam micro teaching ini mulai dari penguasaan materi, proses pembelajaran, kemampuan menyampaikan tujuan dan kompetensi pembelajaran, strategi pembelajaran hingga pada pengelolaan kelas.

Foto kedua dari sisi kanan: Budiman, M.H.I yang juga
Wakil Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam IAIN Parepare

Menurut Ketua Panitia Budiman mengungkapkan banyaknya permohonan pendaftaran dosen LB yang masuk ke IAIN Parepare sehingga perlu dipilih secara selektif. Hal ini juga sesuai arahan Rektor IAIN Parepare.

“Dosen-dosen LB yang direkrut ini tidak hanya mengandalkan syarat administrasi tetapi tentu harus dipilih secara selektif. Banyak sekali permohonan yang masuk tentu kita tidak ingin nanti ketahuan pada saat mahasiswa komplain. Jadi sebelum masuk kelas kita seleksi dahulu kemungkinan besar ada yang nanti tidak direkomendasi dan ada yang direkomendasi ketika layak dimasukkan sebagai dosen LB” jelas Budiman saat ditemui di lokasi.

Para peserta pendaftar calon dosen LB, sebelumnya melakukan presentasi sesuai dengan mata kuliah bidang ilmunya. Hadir Wakil Rektor I IAIN Parepare Dr. St. Jamilah Amin beserta para wakil Dekan Fakultas dan Ketua Prodi turut ikut menilai.

Dalam tanggapannya usai menyaksikan salah satu peserta mengungkapkan pentingnya dosen interaktif dengan mahasiswa.

“Cara interaksi dosen dengan mahasiswa untuk mengetahui mahasiswa itu paham atau tidak dengan apa yang disampaikan. Jadi antara komunikator dengan komunikan itu bisa terjalin komunikasi,” ucap Jamilah. (hyn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *