Akreditasi Cloud Sevima Mudahkan Prodi Usul Akreditasi

Akreditasi Cloud Sevima Mudahkan Prodi Usul Akreditasi

PAREPARE — IAIN Parepare terus berbenah untuk meraih akreditasi unggul. Berbagai langkah disiapkan untuk meningkatkan akreditasi Perguruan Tinggi dan program studi.

Salah satunya adalah adaptasi pengisian dan usulan borang berbasis teknologi Informasi. Hal ini dibuktikan dengan pelatihan Daring Akreditasi Cloud Sevima kepada seluruh ketua Program studi yang diselengarakan oleh TIPD dan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) pada Senin (15/6/2020).

Kepala LPM Herdah, dalam wawancara usai pelatihan mengungkapkan, Aplikasi tersebut dapat menunjang kemudahan pengisian borang. “Aplikasinya bagus dan bisa membantu teman-teman dalam mengisi borang karena fitur-fiturnya sangat lengkap dan sesuai kebutuhan borang. Tantangannya adalah ketua prodi dan tim perlu terus berlatih berkali-kali untuk menguasai, dan kami berharap semua kaprodi tetap semangat berlatih dan punya motivasi agar dapat meningkatkan akreditasi masing masing,” kata Herdah.

Kepala TIPD IAIN Parepare, Sufyaldy juga memberikan penjelasan kemudahan menggunakan akreditasi cloud dalam pengisian dan pengajuan borang.

“Proses akreditasi akan lebih mudah dengan fitur yang sesuai dengan SAPTO dan regulasi resmi dari BAN-PT, serta membantu dalam proses SPMI internal,” kata Sufyaldy.

Ia menrincikan, SPMI internal tersebut yakni import Data Feeder, Inventarisir Dokumen, Fitur Pelaporan, Modul Kepegawaian, Export Excel SAPTO, serta bisa melakukan simulasi penilaian akreditasi untuk mengetahui nilai per standar.

“Jadi dengan menggunakan Akreditasi Cloud bukan hanya sekedar aplikasi yang digunakan untuk membantu Perguruan Tinggi melakukan Akreditasi, tetapi juga memberikan dampak baik dan manfaat bagi Perguruan Tinggi,” papar Sufyaldi. (*)

Penulis : Nurhakki
Editor : Alfiansyah Anwar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *