Asah Kepekaan Sosial, Mahasiswa Gelar Aksi

Asah Kepekaan Sosial, Mahasiswa Gelar Aksi

Humas IAIN Parepare— Melalui prakarsa Himpunan Mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Islam (HIMA PRODI HEI) Fakultas Syariah dam Hukum Islam, mahasiswa dan pimpinan Prodi Hukum Ekonomi Islam menggelar aksi peduli sebagai bagian dari amaliyah Ramadhan, Kamis, 23 Mei 2019.

Aksi peduli ini dilakukan dalam bentuk berbagi buka puasa kepada masyarakat sekitar kampus dan juga kepada mahasiswa. Pengurus HIMA Prodi HEI turun membagikan makanan buka puasa langsung kepada masyadakat dengan menelusuri jalan-jalan setapak. Mereka menyasar masyarakat yang dinilai kurang mampu dan para mahasiswa indokos di sekitar kampus.

Puluhan mahasiswa bergerak bersama membawa bungkusan makanan jelang buka puasa. Mereka melakukan dengan senang hati, tanpa rasa minder dan penuh semangat. “Kami senang membagi-bagikan makanan ini meski agak terasa melelahkan. Memberi dan menyediakan makanan bagi orang yang berpuasa itu pahalanya berlipat ganda,” ujar salah satu mahasiswa yang dimintai keterangannya.

Aksi yang sama pada hari yang sama, juga dilakukan mahasiswa Prodi Ahwal al Asysakhsiyah (AS) Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam IAIN Parepare. Di bawah koordinasi langsung Ketua Prodinya, Hj. Rusdaya Basri, mahasiswa bergerak jauh di luar kampus berbagi takjil buka puasa. Mereka justru menyasar warga disekitar pelabuhan dan lapangan A. Makkasau kota Parepare, khususnya para tukang becak, buruh, penumpamg kapal serta kaum dhuafa.

Hj. Rusdaya Basri yang turun langsung ke jalanan bersama mahasiswa mengatakan aksi sosial ini adalah bentuk kepedulian mahasiswa di bulan Ramadhan ini. “Mahasiswa yang menginisiasi sekaligus melaksanakan aksi ini. Kami sebagai Ketua Prodi berkewajiban mengsupport dan mengarahkan mereka dalam melaksanakan kegiatan yang sifatnya positif,” katanya menjelaskan.

Hal senada, juga diungkapkan Ketua Prodi Hukum Ekonomi Islam, Andi Bahri. Menurutnya, aksi ini murni inisiatif dari mahasiswa melalui pengurus Hima Prodi dan HMJ Syariah. Mereka peduli dan aksinya harus didukung penuh.

Aksi berbagi makanan atau takjil buka puasa ini diakhiri dengan buka puasa bersama yang berlangsung di gedung Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam. Selain mahasiswa, buka puasa bersama ini juga dihadiri para pimpinan fakultas, seperti Dekan, Wakil Dekan, Ketua Prodi, para dosen, dan pegawai lingkup Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam.


Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam, Muliati sangat mendukung dan mengapresiasi aksi peduli yang digelar Prodi HEI dan AS ini. “Aksi ini kelihatannya sederhana, tetapi dibalik itu mengandung makna yang cukup dalam, terutama menjadi pembelajaran bagi anak-anak kita. Mereka sedang menumbuhkan kepekaan dan kepedulian sosialnya. Ramadhan mengajarkan kita tentang hal ini dan mereka mahasiswa sedang dalam proses pembelajaran Ramadhan tersebut,” sambutnya menuturkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *