Berkomitmen Terlibat dalam Kepengawasan Pemilu, Rektor Memperoleh Apresiasi dari Komisioner Bawaslu Sulawesi Selatan

Berkomitmen Terlibat dalam Kepengawasan Pemilu, Rektor Memperoleh Apresiasi dari Komisioner Bawaslu Sulawesi Selatan

Humas IAIN Parepare — Rektor IAIN Parepare, Ahmad Sultra Rustan menghadiri kegiatan pencanangan kelurahan pengawasan  dan anti money politik yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota Parepare di Balai Pertemuan Kebun Raya Jompie Parepare, Rabu, 25/11/2020. Kegiatan ini dirangkaikan penandatangan MoU antara IAIN Parepare dengan Bawaslu kota Parepare dan peringatan Maulid nabi Muhammad Saw.

Rektor IAIN Parepare, Ahmad Sultra Rustan berkesempatan memberikan sambutan pada acara tersebut. Di depan Walikota Parepare yang diwakili Staf Ahli bidang politik, hukum dan pemerintahan, Abd Latif, Komisioner Baswaslu Sulawesi Selatan, Azry Yusuf, Ketua Bawaslu kota Parepare,Zainal Asnun dan anggota Bawaslu lainnya,  sejumlah Ketua Bawaslu kabupaten yang hadir dan undangan, Ahmad Sultra Rustan memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Bawaslu kota Parepare karena melibatkan perguruan tinggi dalam kegiatan kepengawasan pemilu.

“Beberapa waktu lalu, Ketua Bawaslu kota Parepare berkunjung ke kampus dan mengajak kami terlibat dalam kepengawasan pemilu. Bagi kami, kunjungan dan penawaran tersebut merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi perguruan tinggi. Tentu saja, penawaran kerjasama dari Bawaslu, kami terima dengan senang hati. Karena kerja-kerja kepengawasan pemilu itu sangat relevan dengan karakter perguruan tinggi, yaitu karakter objektif yang menjadi bagian tak terpisah dari perilaku akademisi di kampus,” papar Rektor.

“IAIN Parepare akan komitmen melaksanakan amanah dan kerjasama dari Bawaslu untuk melaksanakan kerja-kerja kepengawasan pemilu,” janji Rektor kepada pimpinan Bawaslu yang hadir. Kita semua sadar lanjutnya, mewujudkan pemilu yang bersih dan membangun masyarakat anti money politik cukup berat, Perlu komitmen dan kerjasama untuk bergerak bersama melakukan pencerahan dan pendidikan politik kepada masyarakat”.

“Hari ini, seharusnya kami berangkat ke Lampung mengikuti serangkaian kegiatan, tetapi karena mendapat undangan dari Bawaslu kota Parepare untuk mengikat komitmen kerjasama melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Maka kami batal berangkat dan memilih hadir ditempat ini, demi sebuah komitmen dan dukungan kepada Bawaslu dalam melaksanakan program kepengawasan dan anti money politik di kota Parepare,” kata Rektor yang disambut tepuk tangan hadirin.

Sementara itu, Azry Yusuf selaku Komisioner Bawaslu Sulawesi Selatan merespon dan mengapresiasi atas komitmen kerjasama yang disampaikan Rektor IAIN Parepare terkait keterlibatan perguruan tinggi dalam kepengawasan pemilu. “Kami salut dan mengapresiasi komitmen bapak Rektor IAIN Parepare yang bersedia bersinergi dengan Bawaslu kota Parepare dalam mewujukan pemilu yang baik dan membangun masyarakat anti money politik,” katanya saat sambutan. “Dengan demikian kota Parepare bisa menjadi pilot project dalam mewujudkan Kelurahan Pengawasan dan Anti Money Politik di Indonesia,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Parepare melalui Staf Ahli bidang politik, hukum dan pemerintahan, Abd Latif memberikan arahan sekaligus melakukan pencanangan Kelurahan kepengawasan dan anti money politik di kota Parepare. Usai pengarahan Walikota, dilanjutkan dengan acara penandatanganan MoU antara IAIN Parepare dengan Bawaslu kota Parepare yang disaksikan oleh Walikota Parepare dan Komisioner Bawaslu Sulawesi Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *