Berkunjung ke Kampus IAIN Parepare, Rektor ini Merasa Takjub

Berkunjung ke Kampus IAIN Parepare, Rektor ini Merasa Takjub

Humas IAIN Parepare — Senin, 16/3/2020, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menerima kunjungan studi banding dari Institut Agama Islam (IAI) al- Mawaddah wa Rahmah kota Kolaka, Sulawesi Tenggara di Ruangan Meeting Rektorat “Kuba Kembar”  (istilah baru dari Rektor untuk gedung rektorat).

Kunjungan studi banding ini dipimpin langsung oleh Rektor IAI al- Mawaddah wa Rahmah, Dr. KH. M. Zakariah, M.A. bersama dengan rombongan lainnya. Jumlah rombongan tersebut sekitar 11 orang, diantaranya, Wakil Rektor 1, Dr. M. Askari Zakariah, Wakil Rektor 2, Dr. Hartono, M.A., Wakil Rektor 3, Dr. Ikbal, Wakil Rektor 4, Dr. A. Haris Nasution Zakariah, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr. Amir Sahaka, dan sejumlah pejabat lainnya.

Ahmad S. Rustan selaku Rektor IAIN Parepare mengaku sangat senang menerima setiap tamu yang datang. Karena menurutnya tamu adalah sebuah keberkahan. “Saya membatalkan salah satu agenda pertemuan di Jakarta, karena ingin menerima tamu saya yang datang dari IAI al- Mawaddah wa Rahmah kota Kolaka,” seloroh Rektor diawal sambutannya yang penuh hangat kepada tamunya.

Sebelum melanjutkan sambutannya, Rektor memperkenalkan IAIN Parepare dengan mengajak para tamunya menonton video profil IAIN Parepare yang berdurasi kurang lebih 8 menit lamanya. Video ini menayangkan secara singkat profil IAIN Parepare, visi misi, tagline, keunggulan, fakultas, program studi, organisasi kemahasiswaan, dll.

Rektor menyebutkan bahwa video profil tersebut merupakan karya mahasiswa dan karenanya tidak perlu mengeluarkan budget untuk video tersebut. “Untuk video profil seperti ini, kami tidak mengeluarkan lagi anggaran/biaya. Karena mahasiswa kami, khususnya di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah sudah mampu membuat video-video tersebut, Kalau di kampus lain, pasti bayar mahal pembuatan video seperti itu” katanya Rektor membanggakan hasil karya mahasiswanya.

“Kami kagum dengan IAIN Parepare. Apa yang kami bayangkan sebelum datang ke kampus ini jauh berbeda. Ternyata kampus ini sudah cukup maju dan sangat menakjubkan,” ungkap Rektor IAI al- Mawaddah wa Rahmah, KH. M. Zakariah saat memberikan sambutan balasan. Sebelumnya, Rektor sekaligus pendiri Perguruan Tinggi Islam Swasta di kota Kolaka ini menyampaikan apresiasi dan terima atas penerimaan dan sambutan Rektor IAIN Parepare.

“Kami datang ke IAIN Parepare dalam upaya peningkatan akreditasi kampus kami. Kenapa kami memilih kampus ini? Itu karena kami memperoleh informasi bahwa program studi PAI di IAIN Parepare telah terakreditasi A. Kami ingin belajar agar program studi PAI yang kami bina dapat memperoleh akreditasi A juga,” kata KH. M. Zakariah menyampaikan tujuannya.

Pasca acara ini, rombongan studi banding ini berkunjung ke Perpustakaan dan kantor zona akreditasi. Rektor IAIN Parepare menugaskan Wakil Rektor 3, H. Muhammad Saleh dan Kasubag KHM, Suherman Syach untuk mendampingi rombongan tersebut. Mereka pun berkunjung ke perpustakaan. Kurang lebih setengah jam, rombongan ini berada di perpustakaan. Berulangkali Rektor IAI Kolaka ini menunjukkan ketertarikan dan takjubnya terhadap perpustakaan ini, baik konstruksi, layanan, mau pun fasilitas yang tersedia.

Di kantor zona akreditasi, rombongan studi banding ini disambut Kepala Pusat Akreditasi, Islamul Haq. Mereka cukup lama di kantor ini, sekitar 2 jam. Melalui Wakil Rektor 1 IAI Kolaka, M. Askari mendalami dan banyak bertanya terkait proses akreditasi. H. Muhammad Saleh dan Islamul Haq secara pro aktif dan bergantian memberikan jawaban dan penjelasan dari berbagai pertanyaan yang diajukan. Nampaknya, mereka cukup interaktif dan merasa puas dengan informasi yang diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *