BPK RI Fokuskan Pemeriksaan Laporan Keuangan Kemenag RI pada Empat Point Utama

BPK RI Fokuskan Pemeriksaan Laporan Keuangan Kemenag RI pada Empat Point Utama

Humas IAIN Parepare —Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI melakukan entry meeting dengan sejumlah satuan kerja Kemenag RI di wilayah koordinasi Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan terkait pemeriksaan laporan keuangan tahun anggaran 2019 di Aula Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan, Senin, 3/02/2020.

Kepala Biro Administrasi Umum Akademik dan Kemahasiswaan (AUAK), Hj. Musyarrafah Amin mewakili Rektor IAIN Parepare menghadiri kegiatan tersebut bersama sejumlah pejabat dari satuan kerja lainnya. Seperti pejabat dari UIN Alauddin Makassar, IAIN Palopo, Kepala TU Kanwil Kemenag Sulaweai Selatan, Kakan Kemenag kota Makassar dan lain-lainnya.

Dalam kegiatan entry meeting yang dihadiri Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan, H. Anwar Abu Bakar. Perwakilan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI, Danier selaku Ketua tim menjelaskan bahwa dalam pemeriksaan laporan keuangan, auditor BPK akan fokus pada empat point utama.

Ada pun keempat point tersebut yaitu 1) Kesesuaian penyajian Laporan Keuangan (LK) dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP). 2) Kecukupan pengungkapan informasi keuangan dengan ketentuan pengungkapan Satuan Akuntansi Pemerintah (SAP). 3) Kepatuhan terhadap peraturan perundangan-undangan dan 4) Sistem Pengendalian Internal.

Sementara Kakanwil Kemenag Sulawesi Selatan, H. Anwar Abu Bakar dalam sambutannya menyampaikan harapannya kepada seluruh satuan kerja yang menjadi sampel pemeriksaan kali ini agar bersinergi dan bekerjasama yang baik dengan pihak BPK RI. “Kami berharap satuan kerja proaktif dalam menyiapkan dokumen dan bahan agar pemeriksaan berjalan lancar dengan hasil yang baik,” katanya.

Hj. Musyarrafah Amin saat dikonfirmasi mengatakan BPK RI akan melakukan pemeriksaan pada seluruh satuan kerja kurang lebih satu bulan lamanya. Ada pun jadwal pemeriksaan di IAIN Parepare akan berlangsung pada tanggal 18 s.d. 20 Februari 2020. Kegiatan pemeriksaan secara berurutan sesuai sampel di mulai dari UPT asrama HAJI, IAIN Palopo, UIN Alauddin, MAN 3 Makassar, IAIN parepare, Kemenag kota Makassar dan Kanwil Kementerian Agama Propinsi Sulawesi Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *