Briefing Persiapan; Peserta AICIS 2019 Siap Berangkat ke Jakarta

Briefing Persiapan; Peserta AICIS 2019 Siap Berangkat ke Jakarta

Humas IAIN Parepare — Jelang pemberangkatan peserta AICIS 2019, Rektor IAIN Parepare melakukan briefing bersama seluruh peserta AICIS yang telah ditetapkan, Senin, 30/9/2019 di lantai 5 Perpustakaan.

Ahmad S. Rustan selaku Rektor IAIN Parepare dalam pengarahannya menjelaskan peserta yang diberangkatkan mengikuti kegiatan AICIS ke- 19 di Jakarta dipilih berdasarkan dengan berbagai syarat dan pertimbangan. Salah satu syarat yang diprioritaskan adalah dosen yang belum pernah mengikuti kegiatan tersebut pada tahun-tahun sebelumnya.

“Saya sudah berjanji bahwa semua dosen IAIN Parepare harus mengikuti kegiatan AICIS. Jadi syarat utama yang kita tetapkan sebagai peserta adalah dosen yang belum pernah ikut,” kata Rektor. Ada juga peserta yang diberangkatkan karena terpilih sebagai salah satu presenter dalam conferensi tersebut. Selain itu, panitia pelaksana juga mewajibkan guru besar menjadi peserta AICIS.

Rektor berharap pada kegiatan AICIS tahun ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh peserta, khususnya dalam peningkatan kompetensi. Termasuk meminta peserta untuk intens melakukan searhing tentang pengembangan dan pengelolaan kampus sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Dalam schedule panitia AICIS, ada 4 orang dosen IAIN Parepare yang akan bertindak sebagai presenter atau narasumber dalam conferensi tersebut. Ke empat dosen tersebut, yaitu Dr. Ahmad S. Rustan (Rektor), Dr. H. Rahman Ambo Masse, Dr. Muzdalifah Muhammadun, dan Muhammad Haramain, M. Sos.I.

Dalam pantauan kami, ada sekitar 20 orang delegasi IAIN yang akan mengikuti kegiatan ini. Rencananya, rombongan ini akan meninggalkan kota Parepare dan star menuju bandara Internasional Hasanuddin malam ini sekitar pukul 24.00 wita. Jelang subuh hari akan melanjutkan perjalanan melalui penerbangan menuju Jakarta.

Kegiatan AICIS merupakan kegiatan yang digelar oleh Dirjen Pendis Kemenag RI yang wajib diikuti oleh PTKIN. AICIS adalah singkatan dari Annual International Conference on Islamic Studies. AICIS sudah digelar sejak tahun 2000 dan tahun ini merupakan yang ke 19 kalinya.

Pada tahun ini, AICIS diselenggarakan di Jakarta dan akan berlangsung selama 4 hari, yaitu 1-4 Oktober 2019. Tema yang diusung adalah “Digital Islam, Education and Youth. Changing Lanscape of Indonesian Islam”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *