Cegah Hoax, Mahasiswa FUAD Harus Cerdas Bermedia

Cegah Hoax, Mahasiswa FUAD Harus Cerdas Bermedia

IAIN PAREPARE– Himpunan Mahasiswa Jurusan Dakwah dan Komunikasi mengadakan Diskusi Publik di Aula IAIN Parepare dengan tema “Cerdas dalam Menyikapi Media untuk Pemilu 2019“. Dalam kegiatan ini mengundang pemateri dari Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kota Parepare, yaitu Firman A. Mustafa dan  Dosen Komunikasi Politik,  Nahrul Hayat, M.I.Kom, Rabu, (27/3).

Kegiatan ini membahas tentang peran penting media mempengaruhi pandangan politik masyarakat. Selain itu, media massa seperti, televisi, koran, radio dan internet menjadi salah satu instrumen demokrasi serta menjadi penentu opini publik. “Agenda setting  di media digunakan untuk menentukan informasi apa saja yang disampaikan kepada khalayak,” tutur Nahrul Hayat.  Media massa memiliki kekuatan sebagai sumber kebenaran dan mentransfer informasi sehingga terbentuk pengetahuan baru pada khalayak. “Salah satu cara agar kita bisa mengetahui mana berita hoax dan mana yang bukan,  yaitu dengan rajin  membaca dan menganlisis berita-berita yang ada di media online,”  jelas Firman A. Mustafa.

Kegiatan ini bertujuan untuk agar mahasiswa, khususnya mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah mengetahui tentang pemilu yang baik dan bagaimana menyikapi informasi di media. “Semoga mahasiswa IAIN Parepare tidak menyebarkan  serta menulis informasi hoax dan mampu memilah-milah berita yang dapat dipercaya,” harap Firman. (why/mif)

Sumber: Website FUAD IAIN Parepare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *