Dema Institusi Prakarsai Pelatihan Managemen Administrasi


IAIN Parepare– Sebanyak 38 mahasiswa yang merupakan perwakilan dari senat mahasiswa tingkat fakultas dan institusi, Unit kegiatan mahasiswa (UKM) serta berbagai lembaga organisasi intra Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare mengikuti Pelatihan Managemen Administrasi di gedung SPI IAIN Parepare, Jumat (16/10/20).
Pelatihan administrasi ini diprakarsai oleh Dema Institut IAIN Parepare dengan tema “ Meningkatkan mutu organisasi yang lebih efektif dan efisien di bidang administrasi ”.
Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Muhammad Saleh, saat membuka kegiatan secara virtual sangat mengapresiasi dengan terlaksananya kegiatan pelatihan manajemen ini.
Ia menjelaskan dengan adanya pelatihan administrasi maka mahasiswa dapat berorganisasi dengan baik serta dapat memahami prosedur pelayanan kemahasiswaan yang ada di IAIN Parepare.
“Setelah kegiatan, mahasiswa juga diharapkan dalam membuat laporan pertanggungjawaban secara tertib dan baik,” ujarnya.
Oleh karena itu, Saleh juga berpesan agar pada saat pelatihan berlangsung peserta dapat menyerap materi dengan baik dan tetap mengikuti protocol kesehatan mengingat kondisi saat ini masih berada pada situasi pandemi covid 19.

Kemudian berlanjut, pemberian materi terkait administrasi oleh kepala Satuan Pusat Internal (SPI) IAIN Parepare oleh Tamsil Hadi.
Tamsil Hadi diawal materinya menjelaskan beberapa tugas dan fungsi SPI kemudian peta layanan proses bisnis SPI serta menjelaskan peran SPI dalam melakukan proteksi terhadap pelaksanaan penggunaan anggaran pada satuan kerja khususnya di IAIN Parepare.

Materi ini kemudian dilanjutkan setelah jeda shalat jumat, Tamsil sebagai pemateri tunggal pada pelatihan ini juga menjelaskan kepada peserta mengenai proses perencanaan seperti mekanisme pengusulan SK kepanitiaan, penyusunan TOR, dan RAB yang harus mengacu pada standar biaya internal (SBI). Selanjutnya juga ada pembahasan tentang proses monitoring dan evaluasi kegiatan, sampai pada proses akhir berupa penyajian laporan pertanggungjawaban kegiatan, baik dari aspek akademik maupun keuangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *