Dua Mahasiswa IAIN Parepare Ikut Seleksi Nominee Olimpiade Sains dan Karya Inovasi (OSKI) PTKIN Tahun 2019

Dua Mahasiswa IAIN Parepare Ikut Seleksi Nominee Olimpiade Sains dan Karya Inovasi (OSKI) PTKIN Tahun 2019

Humas IAIN Parepare– Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Untuk pertama kalinya menyelenggarakan Olimpiade Sains dan Karya Inovasi (OSKI) PTKIN tahun 2019.

Even ini dimaksudkan sebagai wahana mahasiswa dan dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dapat mengaktualisasikan temuannya di bidang sains dan karya inovasi. Serta sekaligus menjadi ruang pembuktian bahwa P|TKI tidak hanya memiliki kehandalan dibidang keislaman saja tetapi juga memiliki kehandalan dibidang sains dan karya inovasi.

Pelaksanaan OSKI ini akan diselenggarakan mulai 14-16 November 2019 mendatang di Makassar, Sulawesi Selatan. Beberapa bidang yang dilombakan dalam kategori sains adalah Matematika, Biologi, Kimia dan Fisika. Sementara Kategori Karya Inovasi meliputi temuan-temuan terkait ilmu pengetahuan baik karya dosen maupun karya mahasiswa.

Hingga saat ini, sebanyak 678 peserta dari 34 PTKI seluruh Indonesia yang telah terdaftar untuk mengikuti OSKI 2019. Dan 2 orang peserta berasal dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare yang mengikuti Olimpiade sains cabang lomba Matematika dan sementara mengikuti proses seleksi untuk menjadi Nominee di gedung TIPD IAIN Parepare, Rabu (30/10).

Hafis dan Abdul Wahab A merupakan mahasiswa semester tiga yang mewakili  IAIN Parepare ini dari Prodi Matematika Fakultas Tarbiyah dibawah bimbingan dosen matematika zulfikar Busrah dipersiapkan untuk mengikuti seleksi nominee OSKI tahun 2019. Dan yang lolos sebagai peserta akan mengikuti babak final yang nanti dilaksanakan di UIN Alauddin Makassar.

Musdalifah Muhammadun, dosen IAIN Parepare yang ditunjuk oleh Kemenag RI sebagai salah satu tim pengawas di Sulawesi Selatan mengatakan perlombaan OSKI akan pusat di UIN Alauddin Makassar. “Para peserta dari berbagai PTKI akan bertemu di Makassar, termasuk peserta dari IAIN Parepare jika masuk nominee,” kata Muzdalifah ketika dikonfirmasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *