Editor in Chief Jurnal Ma’arief: Mari Tingkatkan Marwah Perguruan Tinggi Melalui Jurnal Bereputasi

Editor in Chief Jurnal Ma’arief: Mari Tingkatkan Marwah Perguruan Tinggi Melalui Jurnal Bereputasi

IAIN ParepareWorkshop persiapan akreditasi jurnal Al Ma’arief dilaksanakan secara virtual. Workshop ini diprakarsai oleh jurnal Ma’arief (Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya) dari Program studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare.
Menghadirkan dua narasumber yakni pertama Muhammad Arsyad, Ph.D seorang Asesor Akreditasi Jurnal Ilmiah KemenristekBrin sekaligus Direktur PMC Unhas dan narasumber kedua Muhammad Aswad Kepala Unit Pengelolaan Jurnal dan Publikasi Unsulbar (EIC Eduvelop Journal, Terakreditasi Nasional).

Menurut Muhammad Arsyad, salah satu hal terpenting dalam jurnal adalah substabsi artikel. Arsad juga menjelaskan perbedaan antara cakupan keilmuan versus bunga rampai.

“Makin spesifik cakupan keilmuan, makin bagus nilainya,” ucapnya melalui zoom meeting.

Editor in Chief Jurnal Ma’arief Dr Ahdar mengungkapkan workshop ini dilaksanakan dalam rangka persiapan akreditasi jurnal Al Ma’arief. “Insyaa Allah akan dilakukan pada tahun 2021,” ungkapnya.

Meskipun target hasil workshop ini ditujukan pada tim pengelola jurnal Al Ma’arief dan jurnal prodi lain, namun Ahdar juga mengaku mengundang peserta dari luar kampus IAIN Parepare.

“Kami undang untuk sama-sama bisa meningkatkan marwah perguruan tinggi melalui publikasi ilmiah lewat jurnal-jurnal yang bereputasi nasional,” jelasnya.

Di antara peserta dari luar kampus seperti perwakilan pengelola jurnal dari STAIN Majene, IAI Polman, STAI DDI Pinrang, STAI Al Gazali Soppeng, dan Universitas Muhammadiyah Parepare.

“Tentunya harapan besar kami adalah kita bisa berhasil berjamaah,” tambah Ahdar yang juga menjabat Kepala Prodi Tadris IPS.

Sementara Dr Ali Rusdi selaku Ketua SAO Jurnal IAIN Parepare memberikan apresiasinya atas dilaksanakan workshop ini yang berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 18 sampai 20 Desember 2020 dengan jumlah peserta 30 orang dari berbagai pewakilan pengelola jurnal. (hyn/alf)

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *