Fakshi Kembangkan Prodi Melalui Jurnal

Fakshi Kembangkan Prodi Melalui Jurnal

IAIN PAREPARE — Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (Fakshi) IAIN Parepare tengah menyusun formula untuk mengembangkan empat program studi. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membentuk jurnal pada masing–masing program studi. Pada pra raker yang berlangsung beberapa waktu lalu, ketua prodi telah memasukan nama-nama jurnal beserta pengelolanya.

Program Studi yang telah menyusun pengusulan nama jurnal diantaranya, Prodi Hukum Tata Negara (Legislacion), Hukum Keluarga Islam (HAKAM), Hukum Ekonomi Syariah (SALAM) dan Hukum Pidana Islam (Jarimah). Nantinya jurnal masing-masing prodi ini akan memuat tentang publikasi dari skripsi mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya.

Tujuan dari adanya jurnal dari masing program studi ini juga untuk melatih mahasiswa dalam menulis karya tulis ilmiah yang sesuai dengan standar penulisan yang baik dan benar. Oleh karena itu, pengelola masing jurnal program studi yang telah diusulkan diharapkan dapat bekerja dengan baik agar dapat mengembangkan jurnal prodi.

Wadek 1 Fakuktas Syariah dan Ilmu Hukum Islam, Budiman dalam keteranganya mengharapkan agar jurnal prodi ini terbit secara berkala dan terus-menerus untuk mengangkat nama program studi. Dan tentunya mahasiswa yang mempublikasikan tulisannya di jurnal prodi bisa diakses oleh mahasiswa lain atau orang banyak pada umumnya untuk dijadikan referensi dalam menulis.

“Sebagai langkah awal, terbit sekali setahun saja dulu. Itu pun sudah memadai, ketimbang terbitnya timbul tenggelam karena tidak dikelola secara profesional. Memang orang-orang yang diusulkan sebagai pengelola jurnal mesti fokus dan termasuk ‘orang-orang gila’,” tutup Budiman. (*)

Penulis : Budiman dan Rustam
Editor : Alfiansyah Anwar

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *