Gaungkan Moderasi Beragama, Pusat Penerbitan dan  Publikasi  Gelar Seminar Internasional

Gaungkan Moderasi Beragama, Pusat Penerbitan dan Publikasi Gelar Seminar Internasional

IAIN Parepare— Rabu (1/7/20) Pusat Penerbitan dan Publikasi LP2M Institut Agama Islam Negeri Parepare menyelenggarakan Seminar Internasional dengan mengusung tema “Mainstreaming Moderasi Beragama dalam Bingkai Kebangsaan”.

Tema dalam kegiatan Seminar Internasional tersebut diangkat dari judul buku yang ditulis oleh beberapa dosen IAIN Parepare yang dipublikasikan Pusat Penerbitan IAIN Parepare Nusantara Press. Kegiatan Seminar Internasional tersebut dirangkaikan dengan kegiatan diskusi panel dengan penulis buku yang akan digelar 10 Juli 2020 mendatang.

Hadir dalam kegiatan Seminar Internasional tersebut, Keynote Speaker Dr. Ahmad Sultra Rustan, M.Si., dan TGB. Dr. KH. M. Zainul Majdi, MA. Selanjutnya, Speaker Dr. H. Abd. Rauf Amin, MA. dan Wahyuddin Halim, Ph.D., kemudian yang bertindak sebagai moderator Budiman, M.HI. 

Hadir juga dalam kegiatan ini, Dr. Muhammad Zain, M.Ag., yang menulis pengantar pada buku “Mainstreaming Moderasi Beragama dalam Bingkai Kebangsaan”.

Host dalam kegiatan Seminar ini, Dr. M. Ali Rusdi Bedong yang juga Kepala Pusat Penerbitan dan Publikasi LP2M IAIN Parepare menyampaikan rasa terima kasih kepada Rektor IAIN Parepare, narasumber dan para peserta yang telah hadir dalam dalam kegiatan tersebut.

Ia juga mengutarakan jumlah peserta yang melakukan registrasi 2.579 orang yang berasal dari dari berbagai kampus yang tersebar di seluruh Indonesia maupun luar negeri. Selain itu, peserta yang terdaftar berasal dari latar belakang agama yang berbeda juga, sehingga kegiatan Seminar Internasional tersebut berjalan dengan menarik.

Budiman, M.H.I. selaku moderator membuka kegiatan dengan mengucapkan rasa terima kasih dan kekagumannya atas kehadiran para tokoh, baik itu sebagai Keynote Speaker maupun narasumber yang telah meluangkan waktunya untuk menghadiri kegiatan ini.

Begitu juga Rektor IAIN Parepare Dr. Ahmad Sultra Rustan, M.Si., yang juga  Keynote speaker dalam kegiatan seminar ini menyampaikan selamat datang kepada narasumber dan memperkenalkan IAIN Parepare yang telah mewujudkan moderasi beragama dengan sangat konsisten. Hal ini dapat dilihat pada program Kuliah Pengabdian Masyarakat. Mahasiswa ditugaskan untuk menerapkan moderasi beragama. Ahmad Sultra juga menambahkan bahwa kampus IAIN Parepare mengambil peran untuk mengawinkan akulturasi budaya lokal dan Islam, hal ini tertuang dalam visi misi IAIN Parepare. 

Kegiatan Seminar Internasional berjalan dengan baik dan setiap pemaparan pemateri, baik Dr. Ahmad Sultra Rustan, TGB. Dr. KH. M. Zainul Majdi, MA., Dr. H. Abd. Rauf Amin, MA. dan Wahyuddin Halim, Ph.D., selalu menarik. Hal ini dapat dilihat dari antuasias dari para peserta yang tersambung via zoom tidak terpenuhi, sehingga tim menyediakan via streaming pada channel YouTube Pojok Moderasi.

Dalam pemaparannya sebagai  pembicara, TGB Dr. KH. M. Zainul Majdi, MA menyampaikan bahwa, ada sepuluh negara Islam di dunia yang berada di luar Jazirah Arab sebagai penganut Islam terbesar, satunya  Indonesia. Indonesia sebagai negara dengan penduduk dengan penganut agama islam terbesar di dunia.

Kemudian, Dr. H. Abd. Rauf M. Amin, MA., memberikan konsep moderasi beragama yang terdiri dari, wahyu, akal, dan realitas. Menurutnya ini merupakan paket yang harus dihadirkan untuk menilai seseorang dalam mengimplementasikan moderasi beragama.

Begitu juga dengan Dr. Wahyuddin Halim menguraikan konsep keberagamaan yang mampu menjaga nilai-nilai kebangsaan di NKRI. Ia menegaskan bahwa  moderasi bukan saja sebatas konsep, akan tetapi lebih dari itu, harus diaktualisasikan agar kita bisa saling menghargai perbedaan demi  keutuhan negara.

Kegiatan seminar yang berlangsung dua jam lima puluh  dua menit tersebut ditutup oleh moderator dengan menyimpulkan beberapa penjelasan yang disampaikan oleh para narasumber. Kemudian, moderator mempersilahkan Rektor IAIN Parepare Dr. Ahmad Sultra Rustan, M.Si. selaku pimpinan lembaga untuk menyampaikan sepatah kata, dilanjutkan dengan pembacaan Doá oleh TGB Dr. KH. M. Zainul Majdi, MA.

Penulis: Afidatul Asmar

Editor: Mifda Hilmiyah

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *