Hadapi Transformasi Pembelajaran, FEBI Gelar Workshop Pembelajaran Virtual

Hadapi Transformasi Pembelajaran, FEBI Gelar Workshop Pembelajaran Virtual

IAINPAREPARE — Dalam menghadapi transformasi pembelajaran daring dan luring di masa pandemi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) menggelar Workshop Pembelajaran Virtual selama tiga hari, 24-26 September 2020. Kegiatan tersebut diperuntukkan buat seluruh dosen di FEBI.

Menyelengarakan kegiatan belajar mengajar secara online merupakan tugas baru yang harus diterima dosen maupun mahasiswa.

Beberapa variasi pembelajaran daring bisa dimanfaatkan para dosen dan mahasiswa pada umumnya. Masa pandemi covid-19 mengubah metode dari pembelajaran tatap muka beralih ke daring. Beberapa pembelajaran daring yang dilakukan sudah berhasil, tetapi masih ada pula yang mengalami kesulitan.
Hari pertama workshop ini dilakukan secara online melalui aplikasi zoom meeting sedangkan hari kedua dan terakhir dilakukan secara offline di Hotel Kenari tetapi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Ketua Panitia Workshop Pembelajaran Virtual, Dr Firman mengatakan, pemateri yang hadir bukan hanya dari Jakarta, tetapi juga ada dari Malang dan Provider Sevima.

Panitia juga menghadirkan Prof. Dr. Ir. Richardius Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A, guru besar bidang ilmu komputer PERBANAS Institute dan Dr. Riyadi, M.Si dari Universitas Brawijaya Malang.

Kedua narasumber merupakan dosen dan praktisi pengembang platform pembelajaran daring.

Platform tersebut dapat merekam semua kegiatan dosen dan mahasiswa sehingga pimpinan atau pengambil kebijakan dapat memantau proses kegiatan belajar mengajar di sebuah institusi.

Kedua pemateri ini menyampaikan materi materi yang disajikan berkaitan dengan sevima, system informasi yang digunakan oleh IAIN Parepare dimana diintegrasikan dengan Edlink.

Tak hanya itu, lanjut Firman, peserta juga melakukan praktik mengenai penggunaan Edlink, dimana aplikasi ini yang akan diterapkan dalam proses pembelajaran daring dan sangat mudah diakses.

Terlepas dari itu, sambungnya, kecanggihan teknologi juga harus dibarengi dengan pengetahuan dan pemahaman para penggunanya. Edlink adalah salah satu platform pembelajaran daring yang tepat.

Di dalamnya sudah dilengkapi berbagai aktivitas yang dapat dilakukan oleh dosen dan mahasiswa. Seperti penayangan materi berupa dokumen, ppt, pdf, aplikasi, situs web, link video, absensi, evaluasi penilaian otomatis, dan lainnya.

Selain itu, Dr Ahmad Sultra Rustan, Rektor IAIN Parepare juga menyambut baik dan sangat mengapresiasi saat hadir pada pembukaan sebelumnya.

“Mengingat di masa pandemi ini, mau tidak mau kita dituntut untuk menggunakan metode pembelajaran secara virtual,” jelas Ahmad.

Sedangkan Dekan Fakultas Ekonomis Bisnis Islam, Dr Kamal Zubair berharap workshop ini bisa memudahkan para dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran daring.

“Mudah-mudahan apa yang telah kita lakukan hari ini bisa memberikan manfaat pada perkembangan lembaga khususnya di FEBI itu sendiri,” ujar Kamal saat menutup kegiatan Workshop Pembelajaran Virtual, Sabtu (26/09/20) di Hotel Kenari.

Kamal mengatakan, sebanyak 36 peserta dari 48 dosen FEBI yang mengikuti kegiatan ini. “Bagi dosen yang belum mengikuti workshop ini maka akan diikutkan pada workshop yang sama yang akan dilaksanakan oleh fakultas lainnya,” tutup Kamal. (*)

Penulis : Aeny Kadir
Editor : Alfiansyah Anwar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *