HMJ Fakultas Ushuluddin Gelar Seminar Lingkungan berbasis SDG’s

HMJ Fakultas Ushuluddin Gelar Seminar Lingkungan berbasis SDG’s

Humas IAIN Parepare–Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Dakwah dan Komunikasi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah menggelar Ajang Kompetisi Skill dan Seminar Nasional (AKSI SEMNAS) dengan tema “Silaturarrahmi Dan Menata Lingkungan Di Era Industri 4.O Berbasis SDG’s” di gedung Auditorium Lama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, Kamis (14/11).


Seminar tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan Dr. Muhammad Saleh, M.Ag., Wakil dekan FUAD Dr. Iskandar, M.Sos.I., Kepala Dinas Tenaga kerja Kota Parepare mewakili Walikota Abd. Latif M.
“seminar nasional yang dilaksanakan oleh HMJ Dakwah dan Komunikasi ini mengangkat isu terkait langkah-langkah dan upaya dalam mengimplementasikan program SDG’s serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya dilingkungan kampus dalam penerapan program SDG’s ini” tutur nahrul selaku moderator.
Pembicara pertama pada kegiatan ini, Abd Latif M kepala dinas tenaga kerja kota parepare mewakili Walikota berbicara mengenai problematika lingkungan di Kota Parepare, serta menyampaikan permohonan maaf dari walikota karena tidak sempat hadir.


Kemudian pembicara kedua, wakil rektor III Muhammad Saleh berbicara tentang Kebijakan kebijakan Rektor IAIN Parepare tentang membatasi penggunaan plastik.
Muhammad Saleh mengatakan bahwa memang dikampus IAIN sudah ada kebijakan-kebijakan terkait dengan lingkungan.


“Yang pertama itu tentang kebijakan yang terbit pada tahun 2018 tanggal 12 juli, tentang kawasan bebas rokok dilingkungan IAIN Parepare, seperti tidak boleh merokok diruang kerja dan diruang kelas” jelas saleh
“Kemudian yang kedua adalah kebijakan pelaksanaan green kampus yang targetnya hingga tahun 2022 yang dilakukan secara bertahap” tutur warek III saat memberikan materi.
Dan Pembicara Inti Pada seminar ini adalah Maria M. Purbaningrum, seorang fasilitator Pendidikan yayasan benih matahari dan Caloni SDG’s Indonesia, membawakan materi Lingkungan dan Gambaran SDG’s secara global.


Maria Mengatakan Bahwa SDG’s secara global memiliki 17 tujuan dan 169 Target yang dapat diaplikasikan secara universal. Mulai dari pemberian pendidikan yang berkualitas, kehidupan sehat dan sejahtera, pertumbuhan ekonomi berkelanjutan hingga pada pola konsumsi dan produktif yang berkelanjutan.
Kemudian maria menambahkan bahwa untuk mencapai tujuan dari SDG’s Perlu adanya kemitraan baik antara pemerintah, bisnis, akademisi dan tokoh masyarakat.
“Akademisi khususnya pada perguruan tinggi seperti pada IAIN Parepare memiliki peran penting dalam pencapaian tujuan SDG’s melalui konstribusi akademisi dalam pengembangan dan penyempurnaan program SDG’s”. Ungkap Maria
“Seperti pada kebijakan rektor mengenai kawasan bebas rokok dan pembatasan botol plastik ini masuk pada tujuan SDG’s tentang pola konsumsi dan produktif yang berkelanjutan dan perlindungan ekosistem daratan yang berkelanjutan” tambahan lagi.
Kemudian seminar ini ditutup oleh Dr. Ramli, M.Sos.I. sebagai pemateri terakhir membahas tentang dakwah dan pelestarian lingkungan, mengatakan bahwa sebenarnya apapun yang terjadi di lingkungan disebabkan karena perbuatan manusia itu sendiri.
Ditinjau dari perspektif dakwah bahwa manusia sebagai khalifah di muka bumi memiliki tanggung jawab dalam menjaga lingkungan sebagai bentuk dari ketakwaan manusia sebagai hamba Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *