Humas Ditugaskan Kawal SPAN-UM PTKIN 2020

Humas Ditugaskan Kawal SPAN-UM PTKIN 2020

Humas IAIN Parepare — Kepala Sub Bagian Humas PTKIN se- Indonesia berkumpul selama 2 hari, yaitu 25-26 Januari 2020 di Hotel Harris Vertu Jakarta. Mereka mengikuti FGD Kehumasan SPAN-UM tahun 2020 yang diselenggarakan Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN Tahun 2020.

Kegiatan ini berakhir kemarin, Ahad, 26/01/2020. Dalam forum FGD Kehumasan ini dibahas tentang peran dan kontribusi Humas dalam pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru PTKIN tahun 2020. Ketua Forum Pimpinan PTKIN, Babun Suharto yang juga sebagai Rektor IAIN Jember bertindak sebagai narasumber dan membawakan materi “Arah Kebijakan SPAN-UM PTMIN 2020”.

Seperti informasi yang kami himpun dari grup diskusi Forum Humas PTKIN, Babun Suharto menyatakan dalam materinya, Forum Humas Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (FH PTKIN) harus menjadi garda terdepan dalam mengawal peningkatan kualitas SPAN-UM PTKIN. “Humas merupakan ujung tombak informasi yang berusaha meningkatkan kualitas dan mutu perguruan tinggi Islam”, kata Babun Suharto.

Senada dengan itu, Ketua Panitia Nasional SPAN-UM PTKIN, H. Mahmud mengatakan kehadiran Humas di lingkungan PTKIN ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas input calon mahasiswa baru. “Saya berharap sosialisasi dan publikasi SPAN-UM PTKIN harus gencar dilakukan oleh setiap Humas di kampusnya masing-masing” kata H. Mahmud.

“Karena anggaran yang terbatas, maka saya minta teman-teman Humas menggunakan berbagai cara, kreativitas dan inovasi dalam mempromosikan dan mensosialisasikan penerimaan mahasiswa baru tahun 2020,” tegasnya kepada Kasubag Humas yang hadir. “Humas adalah garda terdepan mengawal SPAN-UM PTKIN tahun 2020,” tambahnya.

Dalam forum FGD, Humas juga dibekali pengetahuan teknis tentang SPAN-UM tahun 2020. Sekretaris Panitia Nasional, Mukhamad Ilyasin menjelaskan tentang sosialisasi manual dan aplikasi SPAN-UM PTKIN. Mereka juga dibekali penggunaan sistem seleksi elektronik (SSE). “Meski Humas tidak terkait langsung masalah teknis tersebut, tetapi Humas harus tahu agar bisa memberikan informasi kepada masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Sementara Ketua Forhumas PTKIN, Suhirman yang dibubungi terpisah melalui whatshapp mengapresiasi penguatan kembali peran Humas sebagai komponen penting dalam menyukseskan SPAN-UM PTKIN tahun 2020. “Bahkan, selaku Ketua Forhumas PTKIN, saya telah menyuarakan agar totalitas peran strategis Humas di perguruan tinggi haruslah dilibatkan oleh Forum Pimpinan PTKIN di perguruan tinggi masing-masing,” tulis Kasubag UIN Mataram ini via whatshapp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *