IAIN Parepare Dukung Prioritas Kemenag

IAIN Parepare Dukung Prioritas Kemenag

Jakarta-IAIN Parepare — Kementerian Agama menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahun 2020, di Jakarta. Lima Program Prioritas Kemenag tahun 2019-2020 akan dibahas dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, Rabu – Jumat (29-31/1/2020)

Kegiatan yang mengusung tema Moderasi Beragama, Umat Rukun, Indonesia Maju menjadi momentum, bukan hanya menyusun program, tapi juga membawa program kepada seluruh pimpinan Kemenag di daerah.

Lima program prioritas ini diambil sesuai arahan Menteri Agama RI pada saat awal tiba di Kementerian Agama di 2019 lalu.

Adapun lima program prioritas Kemenag 2019-2020 ini, yaitu pemberantasan korupsi, peningkatan kualitas haji dan pembenahan umrah, pembenahan pendidikan keagamaan, penguatan moderasi dan sertifikasi halal.

Rektor IAIN Parepare Ahmad Sultra Rustan sebagai peserta Rakernas menyampaikan bahwa IAIN Parepare akan mendukung secara penuh untuk melaksanakan program prioritas ini. Bahkan IAIN Parepare, telah menjadi bagian dalam program kita. Sehingga dengan dicanangkannya program tersebut menjadi program prioritas maka kita tinggal memperkuat 5 bagian tersebut dalam program kita yang telah berjalan. Terutama dalam rangka pemberantasan korupsi. Kita sudah sejak dulu mengembangkan prinsip kebersamaan dan kehati-hatian dalam penggunaan anggaran. Program diorientasikan pada efektivitas, efesiensi, terukur, dan manfaat. Serta prinsip sipakainge’ untuk saling mengingatkan dalam pelaksanaan kegiatan kampus,” ujarnya di sela-sela kegiatan.

Demikian pula dengan moderasi beragama, IAIN Parepare segera mendirikan rumah moderasi. “Semua civitas dan warga kampus akan menjadi ujung tombak dalam mengembangkan sikap toleransi antar umat beragama bahkan IAIN Parepare akan menjadi pusat moderasi beragama di Kota Parepare,” tambahnya.

Rektor IAIN Parepare mengikuti Rapat Kerja Nasional KemenagRapat Kerja Nasional (RAKERNAS) 2020 Kementerian Agama RI di buka langsung oleh Menteri Agama RI Fachrul Razi, turut hadir pula wakil menteri agama Zainut Tauhid Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Haryono.  Hadir pula, Dewan Pengawas BPIP Tri Sutrisno, Wisnu Bawa Tenaya, Sudhamek, KH Syafii Maarif, dan KH Said Aqil Siradj, serta Pimpinan Majelis-majelis Agama. Rakernas ini diikuti oleh 372 peserta yang terdiri dari pejabat eselon I dan II Pusat, Kakanwil Kemenag Provinsi, serta Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN). (Nining Artianasari/Mif)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *