IAIN Parepare Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019

IAIN Parepare Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019

Humas IAIN Parepare — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 di Halaman gedung Zona Akreditasi, Senin, 28/10/2019 pagi. Upacara tersebut diikuti segenap civitas akademika IAIN Parepare.

Upacara diawali pengibaran bendera merah putih oleh pasukan paskibraka lalu dilanjutkan dengan pembacaan Teks Pancasila, Teks UUD 1945 dan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928. Pelaksanaan upacara pun berlangsung khidmat.

Dalam upacara kali ini, bertindak sebagai pembina upacara adalah Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK), H. Sudirman L. Ia menyampaikan pidato Peringatan Hari Sumpah Pemuda dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainuddin Amali.

H. Sudirman L. menyampaikan, Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia. Selamat Hari Sumpah Pemuda, semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita, ” ucap H. Sudirman L., dengan semangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *