IAIN Parepare Menuju Kampus Eduwisata

IAIN Parepare Menuju Kampus Eduwisata

Humas IAIN Parepare — Ahmad S. Rustan mengusung gagasan menarik tentang pengembangan kampus IAIN Parepare pada masa datang. Rektor akan mengembangkan IAIN Parepare sebagai kampus eduwisata. Gagasan tersebut disampaikannya pada saat menutup acara Rapat Kerja di Hotel J4 Kuta Bali, Ahad, 16/2/2020.

Penyerahan dokumen hasil Rapat Kerja

Menurutnya, kampus eduwisata itu akan menjadi daya tarik dan distingsi IAIN Parepare bagi masyarakat khususnya bagi generasi milenial. Konsep eduwisata merupakan suatu program yang menggabungkan unsur kegiatan wisata ke dalam kegiatan pendidikan. “Kita akan mengadopsi desain estetika yang kita saksikan di beberapa destinasi wisata di Bali untuk kita kembangkan di kampus.

Foto bersama peserta Rapat Kerja

Secara fisik, kampus IAIN Parepare memiliki panorama alam yang cukup eksotik. Geografis kampus yang bebukitan dengan hamparan lautan yang tepat di depan kampus merupakan potensi yang menarik untuk dieksplorasi menjadi destinasi wisata di dalam kampus.

Menurut Rektor, perguruan tinggi yang berbasis eduwisata merupakan kampus harapan masa depan yang akan diidam-idamkan generasi milenial hari ini. “Jika ada perguruan tinggi yang tidak mampu berubah dan hanya melaksanakan tri dharma perguruan tinggi tanpa ada polesan dan daya tarik, maka saya yakin perguruan tinggi tersebut akan ditinggalkan oleh masyarakat dan stakeholdernya,” paparnya.

Secara terbuka, Rektor menyampaikan kepada seluruh pimpinan fakultas, lembaga, UPT dan unit kerja agar kembali ke kampus untuk melakukan perubahan-perubahan sepulang dari Bali. “Mengapa kita memilih Bali sebagai lokasi Rapat Kerja? Karena kita ingin meniru bagian-bagian tertentu yang ada di Bali dalam mewujudkan kampus eduwisata. Kami berharap kepada pimpinan unit agar menangkap inspirasi dari apa disaksikan dan mengembangkannya kampus,” papar Rektor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *