IAIN Parepare Ranking ke- 2 se- PTKIN dalam Pengelolaan Keuangan Proyek SBSN

IAIN Parepare Ranking ke- 2 se- PTKIN dalam Pengelolaan Keuangan Proyek SBSN

Humas IAIN Parepare — Manajemen dan pengelolaan keuangan proyek pembangunan “Gedung Kembar” IAIN Parepare berada pada ranking ke 2 se- PTKIN. Hal itu, dikonfirmasi langsung oleh Kepala Seksi Sarana Prasarana Kemenang RI, Muhammad Yasin pada saat melakukan monitoring dan evaluasi terhadap proyek skema SBSN di IAIN Parepare, Kamis, 19/9/2019.

“Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kementerian Keuangan, manajemen dan pengelolaan keuangan proyek SBSN di IAIN Parepare cukup baik, yakni berada pada ranking ke- 2 dari seluruh PTKIN di Indonesia,” kata Muhammad Yasin di sela-sela kunjungannya di lokasi proyek “Gedung Kembar”.

Dari list yang dikeluarkan Ditjen Pendis Kemenag RI pada September 2019 menunjukkan bahwa realisasi anggaran untuk proyek “gedung kembar” yang dibiayai SBSN tersebut mencapai 38, 57% per September 2019. Peringkat IAIN Parepare berada satu tingkat di bawah IAIN Fattahul Muluk Papua yang berada pada tingkat teratas dengan realisasi anggaran 46,97%. Hasil ini diperoleh dari aplikasi e-monev yang up-date setiap bulan.

Menurut Muhammad Yasin, manajemen pengelolaan keuangan yang baik merupakan modal dasar dalam mencapai target pembangunan. “Target fisik dan realisasi keuangan harus terus meningkat dari waktu ke waktu agar proyek bangunan ini sudah rampung sebelum tanggal 28 Desember 2019”.

Muhammad Yasin mengakui dari sisi fisik proyek “gedung kembar” ini berjalan agak lambat, sehingga dia meminta kepada pelaksana proyek melakukan langkah-langkah antisipatif. Seperti penambahan bahan, penambahan karyawan dan pengawasan yang lebih ketat.

Dalam pantauannya, tim Monev Kemenag RI mengaku cukup puas, khususnya kepada Rektor IAIN Parepare yang menurut Muhammad Yasin sangat proaktif dalam melakukan monitoring terhadap pengerjaan proyek tersebut. Sinergisitas dan kerjasama semua pihak, khususnya pelaksana konstruksi, pengawasan, dan rektor sangat penting untuk kelancaran proyek.

Sementara itu, Aswar selaku pelaksana proyek mengaku optimis, proyek yang ditanganinya selesai tepat waktu. “Pekerjaan proyek sudah mencapai 38,13%. Tahapannya sudah masuk pengerjaan struktur bangunan. Targetnya rampung bulan ini dan jika tidak ada halangan tahap berikutnya, yaitu pembangun arsitektur. Insyaallah dimulai bulan depan,” terangnya.

Kedatangan tim Monev Kemenag RI di kampus, disambut langsung Rektor IAIN Parepare, Ahmad S. Rustan bersama Wakil Rektor, H. Sudirman L., Pejabat Pembuat Komitmen, Abd. Rahman K., Kabag AKK, Naharuddin, Sekretaris ULP, Muh. Hasyim, Kasubag Umum, Misbahuddin, Manager Project, Sony, kepala pengawas proyek dan sejumlah pejabat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *