Ketua Prodi PBI Jadi Keynote Speaker di Fatoni University Thailand

Humas IAIN Parepare — Fakultas Pendidikan, Fatoni University, Thailand bersama SEAAM melaksanakan ICIESSEA di kampus Pattani, Thailand, Selasa, 3/12/2019. Forum International Conference on Interdiciplinary Education Studies in Southeast Asia (ICIESSEA) diselenggarakan sebagai bentuk kerjasama SEAAM dan Fatoni University.

Forum konferensi internasional ini dihadiri ratusan peserta dari beberapa negara, seperti Indonesia, Thailand, dan Malaysia. Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Hal Ehwal Pelajar dan Alumni Fatoni Univeraity, Prof. Dr. Abdullah Umar. Sementara Direktur Pascasarjana IAIN Padang Sidempuan, Dr. Erawadi dan Ketua Program Studi PBI Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare, Mujahidah, M. Pd., menjadi Keynote Speaker dalam forum tersebut.

Dalam paparannya, Mujahidah mengulas materi tentang linguistics dan gender dengan mengurai hubungan bahasa dan jenis kelamin. Sosiolinguistik menepatkan kedudukan bahasa dalam hubungan dengan pemakaian bahasa itu dalam masyarakat sehingga memandang bahasa sebagai system komunikasi. Perbedaan kata didasarkan atas jenis kelamin penutur atau penyapa.

Menurutnya, wanita dan pria memiliki karakteristik yang berbeda dan kemampuan berbeda. Perbedaan kemampuan verbal sering disebabkan oleh factor gerak anggota badan ekspresi wajah, suara dan intonasi. Perbedaaan bahasa bukan berarti dua bahasa yang sama sekali berbeda dan terpisah,tetapi bahasa mereka tetap satu, hanya saja dalam pemakaian bahasa lelaki dan perempuan mempunyai ciri-ciri yang berbeda. Wanita lebih mempertahankan bahasa sedangkan laki-laki bersifat inovatisi dan pembaharuan.

Sementara itu, Koordinator SEAAM, Ismail Suardi Wekke yang dikutip dari laman facebooknya menyatakan bahwa ada 61 judul artikel yang dipresentasikan dalam 6 sesi pararel pada forum konferensi internasional ini. Presenter datang dari mahasiswa dan dosen 3 negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Thailand.

Selang 2 hari sebelumnya, Menurut Mujahidah Mahasiswa Prodi PBI juga memperoleh kesempatan melakukan presentasi makalah pada kegiatan International Student Colloqium di Universitas Kolej of Yayasan Pahang (UCPY). “Alhamdulilllah, mahasiswa kita juga menjadi presenter pada acara tersebut. Dan mereka melakukannya dengan sangat baik,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *