Kolaborasi Himatika FMIPA Unhas dan Himatika Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare Gelar Mathematics Event ke XX

Kolaborasi Himatika FMIPA Unhas dan Himatika Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare Gelar Mathematics Event ke XX

IAIN PAREPARE– Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hasanuddin menggelar Mathematics Event yang ke XX.

Kegiatan ini kolaborasi Himatika FMIPA Unhas dengan Himatika Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare. Kegiatan yang sukses dilaksanakan selama sehari tersebut bertempat di Kantor Dinas Pendidikan Kota Parepare dan mendapat banyak komentar positif dari Pemerintah Kota Parepare, terkhusus Kepala Dinas Kota Parepare, Senin (9/3/2020).

Kegiatan yang mengusung tema “Kuatkan Karakter Generasi Indonesia dengan Jiwa Matematika” menghadirkan ratusan peserta dari Sekolah Dasar (SD)-sederajat se-Sulsel, Sekolah Menengah Pertama (SMP) – sederajat se-SulSelBarTeng dan Sekolah Menengah Atas (SMA) – sederajat se-Indonesia.

Muh. Azim, peserta dari SMAN 5 Parepare mengungkapkan kesannya saat mengikuti olimpiade tersebut.

“Ini adalah ajang untuk melatih kemampuan kita untuk mengerjakan soal matematika. Ini adalah tahun kedua bagi saya dan saya lihat soalnya juga semakin sulit,” ungkapnya.

“Semoga ke depannya event ini berjalan lebih baik lagi, terutama mengenai tempat agar peserta lebih fokus mengerjakan soal,” lanjutnya.

Erwin Syahrul Hidayat yang mewakili Ketua Panitia Pelaksana mengakui adanya beberapa persiapan yang sempat terkendala namun tetap berharap kegiatan tersebut bisa memberi manfaat bagi peserta.

“Ada beberapa persiapan yang terkendala terutama follow up tamu undangan, tapi kami bersyukur karena peserta tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya. Selain sebagai ajang silaturahmi, semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi siswa,” harapnya.

Hafis, Ketua Himatika Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare juga berharap adanya silaturahmi yang terjalin antara lembaga melalui kerja sama yang dilakukan. Ini juga merupakan ajang eksistensi dan sosialisasi bagi Program Studi Pendidikan Matematika.

Ketua Himatika F-Mipa Unhas Aris Akhyar Abdillah berharap kegiatan ini skalanya lebih besar serta event yang diselenggarakan bisa lebih dikenal dan membawa nama kampus Unhas lebih terkenal lagi.

Rudy Fachri Muswar selaku Sekretaris Umum Badan Eksekutif Mahasiswa FMIPA memberikan tanggapannya terkait tujuan diadakannya Mathematic Event tersebut. “Tujuannya untuk membangun silaturahmi juga mewadahi segala kegiatan himpunan, ini juga merupakan pelajaran bagi kader agar bisa menjalani kegiatan dengan baik,” jelasnya.

Dema Fakultas Tarbiyah, Mustika Ayu Safitri berharap agar kegiatan seperti ini lebih baik dan bisa sampai ke taraf international. “Melalui kegiatan ini tujuannya itu selain menjalin silaturahmi juga mambangun relasi antara kedua lembaga dan saya berharap ke depannya lebih baik lagi dan skalanya bisa mencapai taraf international,” harapnya.

Dr. Buhaerah, M. Pd selaku Ketua Program Studi Tadris Matematika IAIN Parepare mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan optimis untuk melakukan kerja sama yang levelnya lebih tinggi.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kerja sama ini tidak hanya sampai disini, kita akan akan terus menindaklanjuti hingga kerja sama yang lebih tinggi. Selain event ini, kita juga akan bekerja sama terkait pengembangan keilmuan baik bagi dosen maupun mahasiswa,” tuturnya.

“Harapannya harus ditingkatkan dan sistem pemeriksaan soalnya tidak lagi secara manual tapi mungkin bisa berbasis online,” tambahnya.

Arifuddin Idris, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Parepare turut memberikan komentar positif terkait kegiatan kolaborasi Himatika Unhas dan Himatika IAIN Parepare. “Inilah yang diharapkan sebenarnya bahwa semua bentuk pelaksanaan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas pendidikan di Kota Parepare, khusunya meningkatkan kompetensi bakat dan minat siswa bukan hanya dilakukan oleh pemerintah tapi juga organisasi kemahasiswaan. Event ini sangat membantu pemerintah, khususnya Dinas Pendidikan untuk membuka ruang bagi siswa yang punya bakat dan potensi khusunya di bidang matematika untuk meningkatkan kemapuannya hingga mengaplikasikan ilmunya,” jelasnya.

“Semoga ke depannya jauh lebih baik lagi dan kota Parepare bisa berada di tingkat lanjut atau di tingkat yang lebih tinggi lagi,” tutupnya.

Penulis: Andi Aras

Editor: Mifda Hilmiyah

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *