Kuliah Perdana Lewat Virtual, Rektor: “Jangan Berkecil Hati”

Kuliah Perdana Lewat Virtual, Rektor: “Jangan Berkecil Hati”

IAINParepare— Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare baru saja menggelar Pembukaan Kuliah dan Pengukuhan Mahasiswa Baru di gedung Auditorium, Selasa (29/09/20). Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor, Para wakil rektor, Kepala Biro AUAK, Para Dekan dan Wakil Dekan, Kabag, Kasubbag, dan Kepala Unit. Pembukaan kuliah ini juga diikuti oleh mahasiswa baru dari rumah mereka masing masing melalui aplikasi zoom .

Rektor IAIN Parepare, Dr. Ahmad S. Rustan, M.Si Resmi mengukuhkan Sebanyak 1.282 mahasiswa yang telah diterima pada jenjang pendidikan sarjana yang tersebar pada empat fakultas.
Setelah pengukuhan, rektor menyematkan jas almamater kepada perwakilan mahasiswa baru dan dilanjutkan dengan penandatangan pakta integritas, ini menandakan bahwa mahasiswa baru telah resmi dinyatakan sebagai mahasiswa baru IAIN Parepare.
Usai mengukuhkan, Rektor IAIN Parepare Dr. Ahmad Sultra Rustan menuturkan bahwa prosesi pengukuhan kali ini memang berjalan tak seperti biasanya. Dimana penerimaan mahasiswa baru ini harus dilakukan secara virtual di tengah kondisi pandemi covid 19.

Dalam kesempatan ini, rektor memotivasi mahasiswa baru untuk tidak berkecil hati karena belum bisa bertatap muka langsung dengan dosen saat melakukan perkuliahan perdananya.
“Sepatutnya kita harus bangga karena kita semua telah menjadi pelaku sejarah virtual di Institut Agama Islam Negeri Parepare,” tutur Ahmad saat memberikan sambutan.
Diakhir sambutannya, rektor berpesan kepada mahasiswa baru untuk menjadikan iain parepare sebagai laboratorium dalam menuntut ilmu agar bisa memiliki jati diri yang baik serta mampu membentuk kemandirian dirinya.
“Sehingga nantinya bisa mendapat apresiasi dari perguruan tinggi dan menjadi inspirasi bagi masyarakat dan keluarganya” ujar rektor.
Harapannya semoga selama dalam pembelajaran virtual kita bisa mengadaptasikan diri dengan kondisi dan memahami bahwa belajar bukan hanya dengan tekstual tetapi juga mari belajar secara kontekstual.
Sebelumnya, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. Sitti Jamilah Amin melaporkan bahwa menindaklanjuti maklumat rektor yang menginginkan peningkatan sumber daya dosen dalam lingkup IAIN Parepare, utamanya dalam penguatan teknologi dan informasi dilakukan workshop pembelajaran virtual dengan metode blended offline dan online .
“Khusus menghadapi pandemi covid 19 ini, IAIN Parepare telah menyesuaikan proses pembelajaran dengan learning management system melalui sisfo kampus yang telah terintegrasi dengan Edlink ,” ujarnya.

Selain itu, pengukuhan ini juga dirangkaian dengan pembukaan kuliah semester gasal tahun akademik 2020/2021 dengan orasi ilmiah “Menelusuri Jejak Sejarah Islam” oleh Dr. Muhammad Saleh, M.Ag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *