LPM Awali Audit Internal di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

LPM Awali Audit Internal di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Humas IAIN Parepare — Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare mulai melakukan audit internal tahun anggaran 2019. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI) menjadi objek pertama audit internal tersebut.

Bertempat di ruangan Program Studi Fakultas Tabiyah. Mujahidah selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menerima tim Audit Internal yang dipimpin Muzdalifah Muhammadun, Kamis, 28/11/2019. “Kami siap diaudit. Semua dokumen dan bukti kinerja telah kami persiapkan,” kata Mujahidah sambil memperlihatkan tumpukan berkas di atas meja berukuran besar.

Proses audit berlangsung cukup lama. Dimulai sekitar pukul 15.00 wita dan baru berakhir jelang shalat magrib. Muzdalifah Muhammadun yang juga menjabat sebagai Kepala Pusat Penjaminan Mutu LPM mengatakan bahwa indikator audit internal disesuaikan dengan instrumen akreditasi 9 kriteria BAN PT.

“Kami ingin memastikan proses dan output kinerja yang dilakukan pada setiap program studi sesuai atau mengacu pada standar mutu akademik yang telah ditetapkan,” papar Muzdalifah. “Audit internal ini juga akan membantu program studi untuk mempersiapkan diri dalam pengajuan proses akreditasi. Jika hasil auditnya tinggi, maka bisa dipastikan program studi tersebut akan lebih mudah melalui proses akreditasi”, tambahnya.

Insyaallah, lanjut Muzdalifah proses audit internal berlangsung beberapa hari ke depan. Ada 11 program studi yang menjadi sample audit internal. Dan audit ini kami mulai dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Semoga hasilnya maksimal.

Terkait dengan proses audit internal, Ketua Prodi PBI optimis memperoleh hasil maksimal. “Kami telah berikhtiar melakukan yang terbaik. Semoga hasilnya juga baik,” ujar Mujahidah. “Tahun depan, Prodi PBI akan mengikuti proses akreditasi dan kami harus mempersiapkan diri untuk itu. Hasil audit ini, menjadi acuan persiapan tersebut,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *