LPM Expose Hasil Audit Mutu Akademik Internal Fakultas Tarbiyah, Ini Hasilnya

LPM Expose Hasil Audit Mutu Akademik Internal Fakultas Tarbiyah, Ini Hasilnya

IAIN PAREPARE — Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) menggelar Expose Hasil Audit Mutu Akademik Internal (AMAI) di Ruang Seminar Fakultas Tarbiyah, Kamis (30/1/2020).

Kegiatan ini dihadiri dekan dan jajarannya serta dosen pada setiap Program Studi Fakultas Tarbiyah.

Expose AMAI kali ini diselenggarakan di fakultas sekaligus Pendampingan Persiapan Akreditasi Program Studi.

Hasil Expose AMAI disampaikan Kepala Pusat Penjaminan Mutu Akademik, dan Kegiatan Pendampingan dibimbing langsung Kepala Pusat Akreditasi. Ini bertujuan agar pemaparan hasil expose dan pendampingan lebih terperinci dan terarah.

Kepala Pusat Penjaminan Mutu Akademik LPM, Dr Muzdalifah Muhammadun, M.Ag mengemukakan bahwa 13 prodi yang menjadi auditi pada tahun 2019 akan mengajukan akreditasi dan reakreditasi pada tahun ini. Sedangkan, hasil audit secara keselurahan pada 13 prodi ini berada pada tingkat baik dan baik sekali.

Pemaparan Hasil Audit oleh Kepala Pusat Penjaminan Mutu Akademik LPM

Pelaksanaan audit ini merupakan salah satu cara evaluasi yang dilakukan untuk memperoleh ruang peningkatan mutu pendidikan tinggi. Sesuai amanat UU Nomor 12 Tahun 2012 menyatakan tentang manajemen SPMI yang meliputi penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan yang kita kenali dengan sebutan PPEP.

“Salah satu siklus PPEP ini adalah evaluasi yang mana evaluasi ini terwujud dalam bentuk AMI atau AMAI,” jelas Muzdalifah.
Instrumen penilaian pada AMAI kali ini mengacu pada instrumen 9 kriteria Akreditasi BAN PT, meskipun matrik penilaian belum sepenuhnya selaras.

“Harapan kami semoga penjelasan AMI pada tahun mendatang lebih baik dan menghasilkan hasil audit dari baik sekali menjadi unggul. Juga instrumen penilaian yang digunakan sudah semakin lengkap sesuai dengan penilaian matrik akreditasi BAN PT,” tambahnya.

Kegiatan ini disambut antusias audiens dengan memberikan feedback dan pertanyaan seputar hasil pemaparan dan pendampingan. Kegiatan Expose AMAI dan pendampingan ini juga akan dilaksanakan pada tiga fakultas serta Program Pascasarjana. (*)

Penulis : Musmulyadi
Editor : Alfiansyah Anwar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *