Mahasiswa Tarbiyah Tingkatkan Skill Mengajar melalui Praktik Lapangan

Mahasiswa Tarbiyah Tingkatkan Skill Mengajar melalui Praktik Lapangan

IAIN PAREPARE- Sehari setelah menerima SK dari Rektor tentang Panitia Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Ketua Panitia PPL Muzakkir segera melakukan rapat perdana bersama Dekan Fakultas Tarbiyah Dr Saepuddin dan Wakil Dekan I Dr. Muh. Dahlan, Wakil Dekan II Dr. Muh. Akib, Kamis (30/1/ 2020) di Meeting Room Fakultas Tarbiyah.

Turut hadir, dosen pembimbing lapangan, Drs. Anwar, Drs. Amzah, Dr. Buhaerah, dan Drs. Abd Rauf. Rapat dilaksanakan lebih awal mengingat adanya kegiatan akademik lain yang harus diikuti mahasiswa di awal April, yaitu Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM).

Praktik Pengalaman Lapangan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanaan oleh mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare semester tujuh dan delapan untuk mencapai gelar sarjana pendidikan. PPL ini mencakup latihan mengajar secara terbimbing, terpadu, maupun tugas – tugas keguruan dan kependidikan untuk memenuhi persyaratan profesi kependidikan.

Sambutan Dekan Fakultas Tarbiyah Dr Saepudin menekankan kepada seluruh panitia untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan PPL, yaitu dengan penilaian berbasis proses.

“PPL adalah kegiatan kependidikan untuk meningkatkan dan memperdalam ketrampilan mahasiswa yang terkait dengan praktik mengajar dan praktik persekolahan. Dengan demikian, kegiatan PPL harus lebih menekankan keterampilan mahasiswa dalam bidang keguruan, baik itu kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan manajemen sekolah lainnya,” ungkapnya.

Selain itu, Dr Saepudin berharap lewat kegiatan PPL ini mahasiswa mampu memiliki empat keterampilan utama sebagai seorang guru yakni keterampilan profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial.

Hasil rapat panitia, rencana pelaksanaan PPL pekan pertama Februari dan penarikan pekan pertama April 2020. (Aras/mif)

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *