Mantan Wamen Agama RI Sebut IAIN Parepare Salah Satu PTN Tertua

Mantan Wamen Agama RI Sebut IAIN Parepare Salah Satu PTN Tertua

Humas IAIN Parepare — Halal bi Halal keluarga besar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare berlangsung cukup meriah meskipun diadakan secara virtual (online) melalu aplikasi Zoom Cloud Meeting, Jumat, 29/5/2020. Tema halal bi halal yang diangkat cukup menarik yaitu “Merawat Kesucian Diri dan Menguatkan Solidaritas dan Bangsa untuk Mencegah Covid -19”.

Anregurutta Prof. Dr. KH. Nazaruddin Umar, M.A., matan Wakil Menteri Agama RI saat memabawakan Hikmah Halal bi Halal IAIN Parepare

Kegiatan halal bi halal ini menghadirkan Andregurutta Prof. Dr. KH. Nazaruddin Umar, MA, mantan Wakil Menteri Agama RI menjadi pembawa hikmah halal bi halal. Sementara pembaca ayat suci al- Quran, panitia mengundang khusus, qariah internasional, Khamisatudduhah Abdul Wahab, juara 1 MTQ Internasional antar bangsa tahun 2018.

Anregurutta Nazaruddin Umar yang juga pernah menjabat Wakil Rektor UIN Syarif Hidayatullah memulai tausyiahnya dengan menyampaikan salam takzim kepada seluruh jamaah, terkhusus kepada pimpinan IAIN Parepare. “Adinda Rektor, selamat ya atas prestasi yang telah dicapai, terutama yang diraih sejak menjadi IAIN Parepare,” kata imam besar masjid Istiqlal ini seraya memberi dukungan agar IAIN dapat berubah menjadi UIN Parepare pada masa datang.

Selain itu, Anregurutta Prof. Nazaruddin juga mengajak jamaah mengingat dan mengirimkan doa kepada para pendahulu yang besar jasanya atas berdirinya IAIN Parepare. Pada kesempatan ini, mantan Menteri Agama pada era SBY ini menyebutkan bahwa IAIN Parepare termasuk perguruan tinggi negeri tertua di Indonesia.

Peserta halal bi halal virtual

“IAIN yang dulunya STAIN Parepare, merupakan salah satu perguruan tinggi negeri tertua di Indonesia yang berdiri di ibukota kabupaten/kotamadya. Banyak IAIN yang didirikan hanya di ibukota provinsi. Tetapi kota Parepare termasuk daerah tingkat II (kabupaten) pertama yang memperoleh kepercayaan dari pemerintah untuk membuka perguruan tinggi negeri di daerah,” paparnya. Menurutnya kepercayaan tersebut diperoleh dari pemerintah berkat jasa para pendiri yang harus terus diingat dan dikenang sepanjang masa.

Halal bi halal ini, selain dihadiri oleh Rektor, para Wakil Rektor, Kepala Biro, Ketua dan Wakil Direktur Pascasarjana, Dekan dan Wakil Dekan, Pimpinan lembaga dan UPT, Kabag dan Kasubag, para dosen, pegawai, dan mahasiswa IAIN Parepare, juga dihadiri alumni-alumni yang sudah berkiprah diberbagai profesi.

Hadir beberapa alumni, diantaranya Minhajuddin, mantan Anggota DPRD kota Parepare, yang sedang menjabat sebagai Ketua IKA. Hadir juga Sekjen IKA IAIN Parepare, Muh. Idris Usman yang saat ini menjabat Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag kota Parepare, serta alumni lainnya yang berada diberbagai daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *