Melawan Covid -19, ASN IAIN Parepare Melakukan Ikhtiar Batin

Melawan Covid -19, ASN IAIN Parepare Melakukan Ikhtiar Batin

Humas IAIN Parepare — Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk mengantisipasi atau pun melawan Coronavirus 2019 (Covid -19). Selain mengikuti portokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah seperti social distancing, physical distansing, stay at home, cuci tangan, memakai masker, dll. Mereka juga melakukan ikhtiar batin dalam bentuk doa dan zikir bersama.

Hal itu lah yang ditunjukkan oleh Aparat Sipil Negara (ASN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare pada meeting pagi tadi, Kamis, 10/4/2020. Mengawali meeting yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi google meeting, mereka terlebih dahulu melakukan doa dan zikir bersama. Zikir ini berlangsung selama kurang lebih 20 menit yang dipandu oleh host dengan menampilkan teks bacaan zikir di layar monitor.

Zikir ini berlangsung cukup khusuk dan diikuti oleh peserta meeting dari rumahnya masing-masing. Kepala Biro AUAK, Hj. Musyarrafah Amin yang memimpin langsung meeting harian ini mengatakan akan menggelar zikir bersama selama wabah Covid -19 berlangsung.

“Zikir adalah salah satu ikhtiar kita melawan penyebaran Coronavirus 2019 (Covid -19). Melalui zikir, sistem imun kita akan meningkat. Jika imun tubuh kuat, maka kita dapat melawan dan mengalahkan Covid -19 tersebut,” katanya kepada peserta meeting usai zikir. Selain itu, lanjutnya, zikir merupakan bentuk pengharapan dan doa kita kepada Allah Swt agar senantiasa menjauhkan kita dari segala marah bahaya, utamanya Covid -19 ini.

“Oleh karena itu, mulai hari ini kita akan melakukan zikir bersama setiap pagi saat meeting dimulai. Meski zikir berlangsung secara online, tanpa berkumpul secara fisik. Tapi Insyaallah, jika kita melakukan secara bersama dan khusuk maka Allah Swt akan memberikan pertolongan dan perlindungan-Nya kepada kita dari segala marah bahaya, khususnya Covid -19,” katanya.

Hj. Musyarrafah Amin pun pada meeting pagi ini, lebih banyak memberikan motivasi kepada ASN agar senantiasa menjaga optimisme dan menjaga kesehatan. “Jaga diri dan keluarga, ikuti dan patuhi himbauan pemerintah dengan tetap tinggal di rumah. Tingkatan imun tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat, vitamin C, dll., dan jangan lupa berdoa dan berzikir kepada Allah Swt agar wabah ini segera berlalu,” kata Kepala Biro AUAK ini.

Diakhir meeting, Kabiro AUAK memberikan kabar gembira. “Hari ini sms banking saya berbunyi, ternyata uang lauk pauk sudah masuk rekening,” sebutnya dengan senyum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *