Mendakwah ke Pelosok Kampung Muallaf

Mendakwah ke Pelosok Kampung Muallaf

Humas IAIN Parepare— Momentum bulan suci Ramadhan dimanfaatkan oleh Prodi Tadris IPS untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat Kampung Muallaf Darussalam Desa Betteng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang selama sepekan mulai dari tanggal 15 Mei 2019 sampai tanggal 21 Mei 2019.

Kegiatan pendampingan diikuti oleh duta relawan mahasiswa Prodi Tadris IPS Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare sebanyak 6 Orang yang terdiri dari perwakilan setiap angkatan.

Guntur salah seorang tokoh masyarakat kampung muallaf sangat mengapresiasi kedatangan mahasiswa Prodi Tadris IPS untuk berbagi pengetahuan dengan masyarakat, pasalnya selama bulan ramadhan masyarakat sepi dengan kegiatan amaliah ramadhan karena tidak ada Pembina yang mengarahkan mereka.

Kegiatan yang dilakukan mahasiswa selama berada di kampung muallaf diantaranya, berbagi pengetahuan tentang keagamaan dengan masyarakat, membina anank-anak untuk mengaji, menapaki jejak anak-anak kampung muallaf yang harus menempuh jarak kurang lebih 10 km untuk menempuh pendidikan, menginspirasi anak-anak dengan tontonan kartun yang bernuansa islami.

Lilis seorang duta relawan, mengungkapakn bahwa selama satu pekan kami berada di kampung muallaf, banyak hal yang dapat kami pelajari dari masyarakat di sana, diantaranya semangat mereka untuk terus mau belajar tentang islam, kehangatan persaudaraan diantara semua masyarakat kampung muallaf yang saling menguatkan satu sama lain, meskipun jumlah kepala keluarga disana sebanyak 16 KK dan keceriaan anak-anak yang tak pernah lelah untuk berjalan kaki puluhan km menumpuh pendidikan.

Bilal seorang anak kampung muallah, mengungkapkan rasa senangnya bisa belajar dengan kakak-kakak dari Prodi Tadris IPS IAIN Parepare. Semenjak kedatangan kakak-kakak di kampung ini kami merasa sangat senang karena sebelumnya anak-anak yang ada dikampung ini hanya menghabiskan waktu mereka untuk berenang di pinggir sungai dan bermain saja tapi semenjak ada kakak-kakak Pembina kami mulai lagi untuk bisa belajar mengaji, belajar tentang pengetahuan umum, dan belajar tentang islam.

Dr. Ahdar, M.Pd.I, selaku ketua Prodi Tadris IPS mengungkapkan rasa syukurnya karena duta relawan mampu untuk menjalankan tugasnya dengan baik selama berada di kampung muallaf. Terlaksananya kegiatan ini sebagai wujud pengaplikasian ilmu-ilmu yang didapatkan oleh mahasiswa dibangku perkuliahan dan sebagai langkah awal untuk mahasiswa dapat berbaur dan sharing knowledge dengan masyarakat.

Harapan terbesar masyarakat kampung muallaf, mereka sangat membutuhkan pembinaan terutama untuk anak-anak agar lebih memahami tentang agama islam. Anak-anak sebagai generasi penerus harus dikuatkan pondasi agamanya, itulah kenapa kami sangat mengharapkan uluran tangan dari masyarakat agar dapat membantu anak-anak kami dalam memahami agama islam yang Rahmatan Lil Alamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *