Open Access Perpustakaan di Hari Perdana

Open Access Perpustakaan di Hari Perdana

IAIN PAREPARE — Unit Pengelola Teknis (UPT) Perpustakaan IAIN Parepare kembali eksis setelah hampir sebulan sepi dari pengunjung, terutama mahasiswa yang masih mengisi liburan pasca ujian akhir semester gasal.

Beberapa waktu setelah pembukaan kuliah umum oleh Rektor IAIN Parepare Dr Ahmad Sultra Rustan, M. Si, perpustakaan kembali diramaikan oleh pemustaka (pengunjung perpustakaan) yang terdiri dari civitas akademik IAIN Parepare.

Ada tiga lantai yang berfungsi maksimal untuk melayani pemustaka. Di lantai satu, pengunjung akan diberikan pelayanan informasi dan peminjaman serta pengembalian koleksi perpustakaan atau buku; di lantai dua sebagai ruang sirkulasi (koleksi umum) pemustaka bisa mengakses langsung buku di rak (open access).

Data pengunjung tahun 2019

Kunjungan awal ke ruang koleksi umum, di sini Pemustaka dengan mengakses Opac (online public access catalog) untuk menemukan judul yang diinginkan oleh pemustaka, selain bertanya kepada petugas koleksi umum yang berada di lantai 2.

Pengakuan Musdalifah, salah satu pustakawan senior yang mengkoordinir layanan umum bahwa di hari pertama perkuliahan hari ini Kamis, 28 Februari 2020 ini mahasiswa sudah aktif langsung melakukan pencarian buku, bahkan ada dosen yang pada pertemuan awal ini datang beserta sekelompok mahasiswa bimbingannya.

Lain lagi dengan layanan referensi yang dipusatkan di lantai tiga yang tidak pernah sepi dari pengunjung meskipun di hari libur kuliah ini, pengelola tetap eksis membimbing dan melayani mahasiswa yang serba sibuk dengan urusan menyelesaikan skripsi dan juga civitas akademik yang sibuk menggandrungi penelitian.

Usman, M.Ag sebagai orang yang menahkodai perpustakaan juga berharap dan mengimbau semua pengelola perpustakaan untuk tetap lebih memberikan pelayanan yang maksimal tentunya dengan senyuman. Mengingat animo civitas akademik akan meningkat pasca mendengar program Rektor, tentang pengadaan 100 unit komputer untuk layanan multimedia untuk civitas akademik dan umum yang ditempatkan di lantai 4 perpustakaan. (*)

Penulis : Sirajuddin
Editor : Alfiansyah Anwar

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *