Outcome KPM IAIN Parepare, Terbitkan Buku Karya Mahasiswa


IAIN Parepare—Lima buku berISBN (International Standard Book Number) karya mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) IAIN Parepare berhasil diterbitkan. Pasalnya buku ini terbit usai pelaksanaan KPM di tengah pandemic Covid-19.

Melalui perantara IAIN Parepare Nusantara Press, kelima buku tersebut terbit setelah didampingi oleh lima dosen yakni Dr. Sitti Jamilah Amin, M. Ag. , An Ras Try Astuti, ME, Dr. Muhammad Qadaruddin, M.Sos.I, H. Islamul Haq, Lc, MA. dan Dr. Herdah, M.Pd.

An Ras Astuty yang juga selaku Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat LP2M IAIN Parepare mengungkapkan kelima buku tersebut merupakan outcome dari kegiatan KPM II Praktik Mahasiswa IAIN Parepare.

“Semua karya memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan menjadi salah satu poin untuk penunjang akreditasi IAIN Parepare. Target Pusat Pengabdian Masyarakat LP2M untuk karya mahasiswa IAIN Parepare tahun ini sebanyak 14 Buku dan 14 HKI,” jelasnya saat berbagi informasi via WhatsApp.

Sementara Dr. Sitti Jamilah Amin yang juga selaku Wakil Rektor I bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Parepare mengapresiasi karya mahasiswa di tengah pandemi Covid-19.
“Terimakasih kepada Tim LP2M atas kerja cerdasnya menghasilkan outcome berupa book chapter dari beberapa artikel pilihan karya mahasiswa KPM. Selain beberapa artikel dalam book chapter ini, beberapa mahasiswa juga telah mensubmit di jurnal bereputasi nasional. Ini membuktikan bahwa pandemi tidak menghalangi karya mahasiswa KPM, terus berinovasi dan terus berkarya,” pesannya.

Salah satu peserta KPM, Reza Mohammad Sakty Al Usna mengungkapkan rasa syukurnya atas terbitnya buku ini bersama teman-temannya.
Alhamdulillah sudah diberi kesempatan melakukan hal-hal kecil ber-KPM online di tengah wabah Covid-19 dengan cara yang hebat dan cerdas,” ucapnya.

Tanggapan senada juga diungkapkan oleh Eka Rosdiana, mahasiswa fakultas Tarbiyah.
Outcome dari KPM II IAIN PAREPARE dengan menghadirkan book chapter dari artikel yang sudah dirangkum oleh setiap peserta KPM II walaupun jalur online tapi tetap memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk terus berkarya walaupun di masa pandemi covid-19,” jelasnya.

Wakil Presiden Mahasiswa IAIN Parepare, Rasdianah yang juga menjadi peserta KPM mengungkapkan rasa terima kasihnya atas karya yang dapat menjadi bukti atas kemauan dan tekad yang kuat untuk berkarya dan bermanfaat.

“Terima kasih untuk TIM LP2M telah merancang program KPM tahun ini dengan mengikuti zaman 4.0 dan juga kondusif dilakukan di masa seperti saat ini (pandemi) sehingga ini dapat membuktikan bahwa kita tetap bisa berkarya dalam segala kondisi asal ada usaha dan kemauan,” ucapnya. (hyn/mif)

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *