Pahami Dinamika Berkeluarga, BKI Gelar Seminar Nasional Bimbingan Pra Nikah

Pahami Dinamika Berkeluarga, BKI Gelar Seminar Nasional Bimbingan Pra Nikah

HUMAS IAIN Parepare— Program studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare menggelar seminar nasional bimbingan pra nikah dengan tinjauan pendekatan agama, psikologi dan finansial di Aula serbaguna IAIN Parepare, Selasa (17/12/2019).

Kegiatan tersebut merupakan tugas akhir dari mata kuliah psikologi keluarga muslim.

Emilia Mustary selaku dosen pengampuh mata kuliah mengungkapkan pemilihan tema persiapan pra nikah karena adanya dinamika dalam berkeluarga.

“Cukup banyak konflik yang terjadi karena hal-hal yang tidak atau belum dipersiapkan ketika akan menikah. Banyak yang menikah tidak memiliki visi yang jelas,  tidak paham tentang karakteristik masing-masing wanita dan laki-laki sehingga berpengaruh pada hubungan dan komunikasi dalam rumah tangganya.  Tidak jarang juga terjadi konflik karena pengelolaan keuangan yang tidak baik yang lagi-lagi karena sebelum menikah memang tidak disiapkan,”jelasnya.

Persiapan pranikah juga dirasa sangat penting menurut Emilia.

“Persiapan pranikah dirasa sangat penting untuk menjadi bekal membangun keluarga harmonis,  sakinah,  mawaddah,  warahmah. Selain itu,  banyak dari mahasiswa di IAIN Parepare yang menikah saat masih menjadi mahasiswa,” tambahnya.

Hadir tiga narasumber di antaranya Tamsil Hadi SE,  MM (Kepala SPI IAIN Parepare/Analisis Aplikasi dan Pengelolaan Sistem Keuangan  IAIN Parepare), DR. Hj. Asniar Khumas, M.Si (Dosen Fakultas Psikologi UNM) dan DR. Hj. Rusdaya Basri, Lc., M.Ag (Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam IAIN Parepare dan Penulis Buku Fiqih Munakahat).

Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Abdul Halim K, mengapresiasi kegiatan seminar ini.

“Acara ini sangat tepat apalagi ke depan mahasiswa menjadi estafet kepemimpinan di semua lini kehidupan, kita bekali diri semantap mungkin,” ucap Abdul Halim K sebelum membuka kegiatan. (hyn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *