Panitia Lokal UM-PTKIN IAIN Parepare Melanjutkan Simulasi Ujian SSE

IAIN Parepare–Dalam rangka memastikan pelaksanaan Seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2020 tetap berjalan di masa pandemi ini, panitia pusat akan mengadakan  seleksi berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE). Seleksi  secara nasional telah dijadwalkan oleh Panitia Pusat UM-PTKIN akan diadakan pada tanggal 3-6 Agustus 2020 melalui panitia-panitia lokal  di seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Sebelum seleksi ini berlangsung, panitia pusat telah  memberikan kesempatan kepada seluruh panitia lokal di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri mengadakan simulasi dalam bentuk uji coba aplikasi SSE yang nantinya akan digunakan.

Sejak tanggal 23 Juli hinggal 27 Juli 2020, Panitia Lokal UM-PTKIN IAIN Parepare telah mengadakan serangkaian simulasi dan uji coba aplikasi SSE yang melibatkan para penanggung jawab ruangan dan para peserta UM-PTKIN tahun 2020. Tujuan dari pelaksanaan uji coba tersebut antara lain untuk memberikan kesempatan bagi panitia lokal dan peserta memaksimalkan pengetahuan terkait tentang penggunaan aplikasi SSE, mengetahui seberapa efektif penggunaan aplikasi tersebut dan mengidentifikasi kendala-kendala teknis yang nantinya dapat terjadi ketika proses seleksi berlangsung. Selama masa uji coba SSE, para penanggung jawab ruangan dari pantia lokal UM-PTKIN IAIN Parepare akan melaporkan kendala-kendala teknis yang dihadapi dan akan memastikan bahwa para peserta telah mematuhi tata tertib Ujian SSE.

Para peserta yang sedang melakukan uji coba aplikasi SSE diawasi dan dipantau melalui perangkat kamera yang akan mengirimkan tangkapan layar (screen shoot) kondisi peserta kepada pihak penanggung jawab ruangan. Para penanggung jawab ruangan akan memastikan bahwa para peserta telah mematuhi etika berpakaian yang rapi dan sopan, perilaku peserta selama proses ujian uji coba dan tidak adanya orang lain di dekat para peserta sejauh radius 3 meter untuk menghidari terjadi sistem perjokian. Apabila hal ini ditemukan, maka para pengawas akan memberikan teguran dan dapat langsung menghentikan ujian uji coba SSE bagi peserta yang terbukti melakukan pelanggaran. Di samping itu, penanggung jawab ruangan memberikan laporan terkait beberapa kendala teknis yang paling sering terjadi di masa uji coba SSE ini.

Terjadinya error di server jaringan pusat atau kendala koneksi internet yang dialami oleh peserta, berdampak pada sulitnya peserta untuk melakukan login di aplikasi tersebut, menjadi hal yang paling banyak dilaporkan oleh penanggung jawab ruangan yang dilakukan pada hari pertama (23 Juli) lalu. Sehingga berdampak pada terganggunya proses uji coba aplikasi SSE tersebut.  Oleh karena itu,  panitia pusat memberikan perpanjangan masa uji coba SSE selama tiga hari, yaitu dari tanggal 27-29 Juli 2020. Tujuannya untuk memberikan kesempatan bagi para peserta yang belum melakukan uji coba SSE agar dapat kembali mengikuti uji coba, setelah dilakukan beberapa perbaikan terkait kendala teknis yang terjadi.

Wakil Rektor Bidang APK IAIN Parepare Dr. Sitti Jamilah Amin, M.Ag sekaligus Ketua Panitia Lokal SPAN-UM PTKIN tahun 2020 menyampaikan harapannya. “Dengan adanya uji coba Sistem Seleksi Elektronik (SSE) UM-PTKIN tahun 2020 ini diharapkan dapat meminimalisir kesalahan atau kekeliruan yang akan terjadi, baik yang dialami oleh peserta ujian maupun yang dialami oleh pihak penanggung jawab ruangan. Uji coba SSE ini juga sebagai evaluasi bagi panitia pusat untuk penyempurnaan ujian berbasis elektronik ke depannya.  Kritik dan saran bisa menjadi masukan positif untuk penyempurnaan aplikasi dan kinerja dari panitia pusat,” ungkapnya , Senin (2707/20)

Uji coba SSE pada tanggal 27 Juli 2020 yang dilaksanakan di Perpustakaan IAIN Parepare juga  dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswa dan Kerjasama, Tim Pengarah, Tim Penanggung Jawab Ruangan, Koordinator SSE dan Tim IT dari panitia lokal seleksi UM-PTKIN tahun 2020 IAIN Parepare. Pihak panitia lokal melaporkan bahwa dari total 420 peserta yang dijadwalkan mengikuti sesi 1, 2 dan 3 hari ini, sebanyak 69,29 persen telah login dan mengikuti ujian secara normal tanpa kendala, 10,24 persen  telah login akan tetapi masih mengalami kendala jaringan dan 20,47 persen tidak melakukan login sama sekali. Oleh karena itu, pihak panitia lokal UM-PTKIN IAIN Parepare berharap agar pada saat ujian SSE nantinya, seluruh peserta dapat melakukan login dan mengikuti seleksi secara normal tanpa mengalami kendala teknis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *