Pekan Tilawah Al-Qur’an ditutup, Fakultas Tarbiyah Juara Umum

Pekan Tilawah Al-Qur’an ditutup, Fakultas Tarbiyah Juara Umum

HUMAS IAIN Parepare— Pekan Tilawah Al-Qur’an (PTQ) Mahasiswa Baru IAIN Parepare tahun 2019 resmi ditutup oleh Wakil Rektor I IAIN Parepare, Dr. Sitti Jamilah Amin di Auditorium IAIN Parepare, Kamis (05/09).

Penutupan ditandai dengan pengumuman juara umum atas pemenang lomba yang dilaksanakan oleh Ma’had Al-Jami’ah IAIN Parepare.

Kegiatan yang berlangsung mulai hari Selasa (03/09) ini diikuti oleh mahasiswa baru IAIN Parepare yang sebelumnya telah mengikuti penyeleksian pada tingkat masing-masing fakultas.

Ketua Ma’had Al-Jami’ah IAIN Parepare, Dr. Abu Bakar Juddah mengungkapkan rincian kegiatan PTQ pada laporannya.

“Di hari pertama hari Selasa, pemberian tausiah, kemudian dilanjutkan di hari kedua dengan pemberian materi metode cepat membaca al-Qur’an dan hari ketiga mengadakan lomba tilawah dan tahfidz,” ucapnya.

Dr. Abu Bakar Juddah juga menjelaskan tentang adanya dua jalur studi yang penting diikuti bagi seluruh mahasiswa sesuai dengan ketatapan Menteri Agama RI untuk seluruh perguruan tinggi keagamaan Islam.

“Di IAIN ini ada dua jalur studi yang kita tempuh kedudukannya sama-sama ditetapkan oleh Menteri Agama. Pertama harus menuntaskan seluruh SKS (Satuan Kredit Semester), kedua jalur Mahad dengan mendapatkan sertifikat. Kalau sudah selsai SKSnya melalui jalur semesteran tetapi mahadnya belum selesai berarti Anda belum bisa maju untuk ujian sarjana karena keduanya sama-sama pentingnya,” jelasnya di hadapan mahasiswa baru.

Piala bergilir diraih oleh Fakultas Tarbiyah yang diserahkan langsung oleh Wakil Rektor I IAIN Parepare kepada Dekan Fakultas Tarbiyah yang disaksikan oleh para dekan dan wakil dekan fakultas, para kepala unit, para Ketua Program studi dan seluruh peserta PTQ.

Dr. Sitti Jamilah Amin selaku Wakil Rektor I IAIN Parepare berharap agar pemantau terhadap perkembangan membaca al-Qur’an kepada mahasiswa tetap dilakukan.

Jamilah juga mengungkapkan ke depan, mahasiswa yang memiliki kemampuan dapat menjadi utusan IAIN Parepare untuk mengikuti berbagai event di tingkat nasional seperti Poros Intim maupun Pionir.

“Kalian berhak ikut seleksi tingkat institut untuk dikirim sebagai duta kita mewakili IAIN Parepare ke tingkat nasional dan tahun depan kalian juga bisa ikut seleksi Pionir,” ucap Wakil Rektor I IAIN Parepare, Dr. Sitti Jamilah Amin.

Sebelum menutup kegiatan, Jamilah juga menghimbau agar mahasiswa yang memiliki hafalan Al-Qur’an  5 juz ke atas agar segera melakukan pendaftaran untuk diberikan beasiswa tahfiz.

Salah satu peserta yang berhasil mendapatkan juara pada Pekan Tilawah Al- Qur’an (PTQ), Muhammad Zainul Rusdi mengaku bersyukur atas pencapain yang telah diraih.

“Insyaa Allah ke depan saya ingin mempermantap bacaan saya untuk menjadi lebih baik lagi,” ucapnya.

Muhammad Zainul Rusdi yang telah berhasil menuntaskan hafalan seluruh 30 juz ini mengaku pentingnya memiliki target dalam menghafal al Qur’an.

“Di mana ada target, di situ pencapaian akan kelihatan,” tambah Muhammad Zainul Rusdi.

Daftar Nama pemenang lomba Tilawah:

  1. Nur Amaliah (Tarbiyah)
  2. Muhammad Zainul Rusdi (Fuad)
  3. Habibu Rahman (Fakhsi)

Daftar nama pemenang lomba Tahfiz

  1. Rusdi (Tarbiyah)
  2. Muhammad Zainul Rusdi (Fuad)
  3. Qayyum (Febi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *