Pelaksanaan CBT/SSE Calon Mahasiswa Baru Pascasarjana IAIN Parepare Rangkaikan Simulasi Ujian CBT/SSE Mobile

Pelaksanaan CBT/SSE Calon Mahasiswa Baru Pascasarjana IAIN Parepare Rangkaikan Simulasi Ujian CBT/SSE Mobile

IAIN Parepare— Selain pelaksanaan ujian berbasis CBT (Computer Based Test) dengan menggunakan komputer juga dilakukan simulasi ujian CBT dengan menggunakan perangkat mobile android dan IOS dilaksanakan di ruang Lab ICT lantai 2 gedung TIPD IAIN Parepare, Sabtu (27/07).

Simulasi ini diikuti oleh peserta ujian program pascasarjana IAIN Parepare. Menurut Kepala TIPD (Teknologi Informasi Pangkalan Data) IAIN Parepare, Sufyaldi  menjelaskan simulasi ujian CBT menggunakan Perangkat Mobile Android dan IOS,  kedepannya diharapkan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) jalur mandiri baik strata satu (S1) maupun stara dua (S2)  sudah tidak bergantung lagi pada ketersediaan personal komputer yang terbatas dan butuh ruang khusus, akan tetapi sudah bisa menggunakan perangkat mobile, android ataupun ios.

“Ini bisa lebih efisien dan efektif karena hampir semua calon mahasiswa baru sudah memiliki perangkat tersebut, tinggal dikoneksikan ke server ujian SSE.  Kita bisa melaksanakan ujian seleksi di Auditorium yang bisa menampung ribuan peserta,  sehingga ujian cukup dibuat satu sesi saja,” jelas Sufyaldi.

Lebih lanjut, Sufyaldi mengungkapkan hasil simulasi SSE mobile berjalan lancar tanpa kendala yang berarti.

“Jika infrastruktur pendukungnya sudah terpenuhi, insya Allah  tahun depan sudah dapat di implementasikan untuk Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur mandiri dengan jumlah peserta yang jauh lebih banyak,” tambahnya.

Sementara Ketua Panitia penerimaan mahasiswa baru Pascasarjana IAIN Parepare Dr. Hj. Marhani mengungkapkan sebanyak 107 peserta yang mengikuti ujian CBT.

Rektor IAIN Parepare, Dr. Ahmad Sultra Rustan saat ditemui usai memantau langsung ujian mengaku akan terus mengembangkan ujian berbasis SSE. Ahmad juga mengungkapkan pelaksanaan ujian ini penting dilaksanakan guna mendapatkan mahasiswa yang memiliki kualifikasi kompetensi yang layak.

“Kita ingin mendapatkan mahasiswa yang memang tepat, memiliki kualifikasi dan kompetensi yang baik, layak untuk mengikuti perkuliahan sekaligus juga kita ingin melihat penyamaan persepsi bagaimana perkuliahan nanti dilakukan,” ucapnya saat di temui di lokasi ujian.

Rencananya Ahad (28/09) calon mahasiswa baru Pascasarjana IAIN Parepare akan mengikuti tes wawancara.

Salah satu peserta ujian Akmal Basri berharap agar bisa diterima sebagai mahasiswa Pascasarjana IAIN Parepare.

“Kami melihat IAIN Parepare salah satu perguruan tinggi yang cukup kompeten di dalam memberikan pendidikan khususnya di Pascasarjana,” ucapnya usai mengikuti ujian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *