Pembukaan Kuliah Umum IAIN Parepare, Kamal Zubair sebagai Pembicara

Pembukaan Kuliah Umum IAIN Parepare, Kamal Zubair sebagai Pembicara

IAIN PAREPARE – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, Kamis (27/2/2020) mengadakan kuliah umum dalam rangka pembukaan kuliah semester genap tahun akademik 2019-2020. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium IAIN Parepare yang dihadiri para dosen dan mahasiswa IAIN Parepare, dimulai  pukul 08.30-11.00 WITA.

Pembicara kuliah umum Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (Febi) Dr. Muhammad Kamal Zubair, M.Ag. Dalam orasi ilmiahnya, ia membawakan orasi ilmiah dengan tema  “Signifikansi Etika Islam dalam Penataan Mekanisme Pasar.”

Dr. Muhammad Kamal Zubair, M.Ag. menyapa dengan senyum dan salam sebagai pembuka kuliah umum. “Langkah yang penting dalam merumuskan kaidah-kaidah perilaku ekonomi dalam ekonomi Islam adalah menyusun sistem aksioma yang representatif serta mampu menangkap secara tepat spirit etika Islam dan merumuskan dasar pernyataan-pernyataan ekonomi,” papar Dr. Muhamamd Kamal Zubair yang juga penulis buku Menelisik Kinerja Sosial Bank Syariah terbitan Nusantara Press.

Dekan Febi ini juga menekankan penerapan etika Islam dalam orasinya. “Untuk mampu menerapkan perilaku-perilaku tersebut dihubungkan dengan empat macam aksioma etika yang bersama-sama membentuk sistem etika Islam yang sangat logis. Keempat aksioma etika tersebut adalah tauhid, equilibrium atau keseimbangan, kehendak bebas, dan pertanggungjawaban. Dengan diterapkannya integralistik antara ilmu ekonomi dengan etika maka segala perilaku manusia ekonomi dalam rasionalitas islami akan melahirkan berbagai konsekuensi nyata,” jelasnya.

“Pemikiran revolusioner ekonomi Islam terhadap persaingan sempurna dalam pasar dengan indikator-indikatornya yang bebas dapat dilakukan suatu pendekatan harmonis melalui empat aksioma etika yang telah dirumuskan secara parsial,” tambahnya.

Sebagai makhluk teomorfis (manusia sebagai makhluk ciptaan tuhan) manusia diberikan kebebasan ekonomi untuk meningkatkan usaha dan etos kerja. Namun, kebebasan ikhtiar ini dengan cakupannya yang luas bermuara pada (aksioma tanggung jawab), baik terhadap kehidupan sosial maupun kehidupan sendiri di dunia dan di akhirat kelak,” tutupnya.

Pembukaan kuliah dimulai laporan Wakil Rektor I, pemberiaan penghargaan kepada dosen dan mahasiwa berprestasi, kuliah umum dan kuliah perdana dibuka oleh Rektor IAIN Parepare Dr. Ahmad Sultra Rustan.

Penulis: Musmulyadi

Editor: Mifda Hilmiyah

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *