Perdana IAIN Parepare Cetak Rekor MURI

Perdana IAIN Parepare Cetak Rekor MURI

IAIN Parepare— Institut Agama Islam Negeri Parepare dianugerahi piagam penghargaan dari Musium Rekor Dunia Indonesia (MURI), Jumat (06/11). Piagam tersebut diberikan setelah IAIN Parepare berhasil mencetak rekor Dakwah secara Virtual Berturut-turut oleh Mahasiswa Terbanyak. Piagam ini ditandantangani langsung oleh Ketua Umum MURI, Prof. Dr. h.c.KP Jaya Suprana di Jakarta dengan nomor piagam 951/R.MURI/IX/2020.

Kepala Pusat Pengabdian Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Parepare An Ras Astuty, ME mengaku sebelumnya mengajukan proposal ke pihak MURI.
“Itu proposal prosedurnya panjang. Dikirim, divalidasi dibuatkan akta notaris lalu kemudian bisa diterbitkan,” ucapnya.

An Ras juga mengaku penghargaan ini diraih atas dukungan berbagai pihak.
“Kegiatan ini sepenuhnya mendapatkan dukungan dari Lembaga dan Mahasiswa IAIN Parepare. Tanpa dukungan penuh dari keduanya rekor ini tidak akan bisa diraih. Rekor ini adalah rekor untuk IAIN Parepare dari mahasiswa. Awal yang baik bagi mata kuliah KPM Teori yang diluncurkan pada semester lalu. Semoga Pusat Pengabdian Masyarakat LP2M IAIN Parepare dapat terus memberikan kontribusi bagi peningkatan akreditasi IAIN Parepare,” harapnya.

Sebelumnya, para mahasiswa membuat video dakwah yang diunggah pada Youtube mulai 1 sampai 11 Muharram. Dakwah digital menjadi salah satu luaran dari kegiatan perkuliahan kuliah Pengabdian kepada Masyarakat di tengah pandemic Covid-19. Mahasiswa dituntut mengembangkan kreativitas, inovatif dan produktif melalui teknologi digital yang memiliki efek besar bagi masyarakat.
“Dakwah ini dilakukan saat mahasiswa kita melaksanakan Kuliah Pengabdian Masyrakat dari Rumah (KPM-DR) yang dilakukan saat pandemi. Dengan hadirnya rekor MURI ini memberikan semangat baru bagi IAIN Parepare untuk terus berkarya bagi bangsa dan Negara . khususnya kami di LP2M,” ungkap Ketua LP2M IAIN Parepare, Dr Zainal Said.

Melalui literasi digital mahasiswa diharapkan dapat membangkitkan semangat belajar, mengabdi serta menjadi stimulant yang positif bagi mahasiswa untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memahami Islam sebagai agama yang damai dan menyejukkan.

Sementara Wakil Rektor I bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Parepare Dr Sitti Jamilah Amin mengapresiasi atas penghargaan ini.
“Ini adalah capaian yang luar biasa yang dilakukan oleh LP2M khususnya upaya yang dilakukan Kapus pengabdian masyarakat. Apresiasi yang luar biasa yang diberikan kepada mahasiswa KPM teori IAIN Parepare atas kerjasamanya untuk mendukung kampus dan menampilkan wajah kampus yang memahami arti penting moderasi beragama lewat unjuk kerja dakwah virtual dengan mengusung tema tersebut. Tentu semua ini tidak lepas dari dukungan penuh yang diberikan oleh pimpinan kapus sehingga kita dapat mengabdikan kerja cerdas bersama ini,” ucapnya.

Sunarti, salah satu mahasiswa yang ikut berkontribusi melalui dakwah virtual berharap agar mendapat berkah. “Masya Allah, mabbaraki,” tulisnya di grup telegram KPM Teori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *