Pertahankan Disertasi Tentang Industri Perbankan,  Syahriyah Semaun Raih Gelar Doktor

Pertahankan Disertasi Tentang Industri Perbankan, Syahriyah Semaun Raih Gelar Doktor

Humas IAIN Parepare — Ketua Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Syahriyah Semaun berhasil melalui ujian promosi program doktor pada Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dengan lancar. Syahriyah dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan, Rabu, 9/10/2019.

Syahriyah Semaun mampu mempertahankan disertasinya di depan 10 orang tim penguji. Prof. Dr. H. Basri Modding, M. Si., yang menjabat Direktur Pascasarjana UMI Makkassar bertindak sebagai Ketua tim penguji. Didampingi oleh Prof. Dr. H. Mahmudnurnajamuddin, SE., MM selaku promotor, Dr. Hj. Nurpadillah, SE., MM dan Dr. Suriyanti, SE., MM., selaku ko- promotor. Dan beberapa penguji lainnya, yang diantaranya sejumlah profesor.

Syahriyah Semaun mempresentasekan disertasinya yang berjudul “Pengaruh Tata Kelola Perusahaan, Kebijakan Dividen, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan pada Industri Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.”

Dalam disertasinya, Syahriyah Semaun mengkaji dan menganalisis beberapa variabel dan indikator yang berpengaruh terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan pada industri perbankan.

Hasil riset yang menarik dalam disertasi ini adalah adanya penemuan bahwa tata kelola perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan, baik terhadap kinerja keuangan, nilai perusahaan, mau pun terhadap nilai perusahaan melalui kinerja keuangan sebagai variabel intervening. Sementara kebijakan dividen dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan dan nilai perusahaan pada industri perbankan.

Meski dicecar banyak pertanyaan dari 10 orang tim penguji, Syahriyah dengan semangat dan suara lantangnya mampu memberikan jawaban dengan sangat baik. Disela-sela bertanya, sesekali penguji menyampaikan pujian atas pemaparan dosen IAIN Parepare yang dinilai berapi-api.

Syahriyah Semaun berhak menyandang gelar doktor dalam bidang ilmu manajemen. Ucapan selamat pun mengalir datang dari berbagai pihak. Termasuk karangan bunga ucapan selamat dari Rektor IAIN Parepare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *