Pertahankan Kualitas PPL, Rektor Tekankan Pentingnya Komunikasi Efektif

IAIN PAREPARE– Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah  (FUAD) IAIN Parepare menyelenggarakan kegiatan pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Semester Gasal 2019/2020, pada Kamis (10/9/2020) secara daring melalui media Zoom.

Muhammad Haramain, selaku Ketua Panitia PPL melaporkan sebanyak 234 mahasiswa dari 8 jurusan/program studi yang akan mengikuti kegiatan PPL FUAD tahun ini.

Rangkaian kegiatan ini dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 14 s.d. 25 September 2020 yang tersebar di beberapa daerah se-Ajatappareng, termasuk beberapa instansi di kota Makassar dan Polewali Mandar Sulawesi Barat.

Kegiatan PPL yang biasanya dilaksanakan 1 s.d 2 bulan, kini dipersingkat menjadi 10 hari kerja sesuai kebijakan Rektor IAIN Parepare mengingat kondisi pandemi COVID-19 yang belum benar-benar pulih untuk beraktivitas secara normal.

Dalam sambutannya, Dr. Ahmad Sultra Rustan, M.Si menyampaikan demi lancarnya kegiatan PPL yang akan dilaksanakan mahasiswa di beberapa instansi, rektor menekankan pentingnya komunikasi efektif.  

“Tunjukkan kesan yang baik, dan jaga sopan santun tatkala berkomunikasi dan tentunya tidak kalah penting tetap memerhatikan protokol kesehatan di masa pandemi ini,” ujar Rektor.

Senada dengan Rektor, Muhammad Haramaian selaku ketua panitia  menyampaikan hal-hal terkait komunikasi efektif.  “Adik-adik mahasiswa harus tunjukkan kemampuan diri kalian. Berikan hal-hal terbaik, sebisa mungkin ‘sell your self’. Mahasiswa harus terampil dan kreatif, tunjukkan bahwa kita bisa buat sesuatu yang terbaik buat instansi, misalnya menawarkan inovasi buat lembaga dari ilmu yang kita ketahui,” ucap Haramain.

Mahasiswa diharap dapat mematuhi panduan PPL agar semua dilaksanakan dan selesai sesuai jadwal. Selain itu, senantiasa menjaga etika terlebih komunikasi yang baik.

Kegiatan pembekalan PPL yang disampaikan rektor yang dihadiri pimpinan fakultas dan para ketua prodi di lingkup FUAD diakhiri dengan tanya jawab antara mahasiswa dan panitia terkait teknis pelaksanaan PPL. Nahrul Hayat selaku moderator yang juga sekretaris panitia, menegaskan pentingnya komunikasi yang baik tatkala berada di instansi demi memaksimalkan peran-peran mahasiswa saat melaksanakan PLL di instansi masing-masing,” imbuhnya (mhy/mif).

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal (@hayanaaa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *