Pimpinan Hadiri FGD Tata Kelola Keuangan PTKIN

Pimpinan Hadiri FGD Tata Kelola Keuangan PTKIN

Humas IAIN Parepare — Kementerian Agama RI menyelenggarakan Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan Keuangan PTKIN selama 3 hari, yaitu 29-31 Maret 2021 di Hotel Sheraton Makassar. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh pimpinan IAIN Parepare yang terdiri dari Rektor, Wakil Rektor Bidang AUAK, Kepala Biro AUAK dan Kepala SPI.

Pembukaan kegiatan FGD Pengelolaan Keuangan PTKIN telah dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam, H.M. Ali Ramdhani siang tadi, Selasa, 30/3/2021. Sementara Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas juga menghadiri langsung kegiatan tersebut sebagai keynote speech. Sumber informasi yang diperoleh, sebelum ke tempat FGD, Menag RI melakukan kunjungan ke Gereja Katedral Makassar yang telah di bom sehari sebelumnya.

Kegiatan FGD yang mengusung tema Peningkatan Kualitas Tata Kelola Keuangan APBN di PTKIN yang Transparan dan Akuntabel Berbasis IT ini dihadiri oleh seluruh pimpinan PTKIN se -Indonesia. Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di bawah naungan Kemenag RI berjumlah 58 dengan rincian 17 UIN, 34 IAIN dan 7 STAIN. Mereka sedang berkumpul di Makassar mengikuti kegiatan tersebut.

Berdasarkan rundown acara yang dikirim oleh Tamsil Hadi, Kepala Satuan Pengawas Internal (SPI) IAIN Parepare yang turut hadir sebagai peserta, menunjukkan bahwa materi dalam FGD ini akan fokus membahas tentang regulasi atau kebijakan, penyusunan dan sistem pengelolaan, pelaksanaan teknis tata Kelola keuangan serta sistem pengawasan pengelolaan keuangan di PTKIN.

Sementara narasumber atau pembicara yang akan membawakan materi berasal dari pejabat tinggi Kementerian Agama RI, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dan Kementerian Keuangan RI. Meteri Agama RI sendiri, Yaqut Cholil Qoumas akan menjadi Keynote Speech. Menag, yang akrab disapa Gus Yaqut akan memberikan arahan dan akan panel dengan salah satu anggota V BPK RI dalam membawakan materinya.

Sekretaris Jenderal Kemenag RI, H. Nizar dijadwalkan membawakan materi yang berjudul Arah Kebijakan Pengelolaan Keuangan di PTKIN. Pembicara lainnya, Dirjen Pendis, Kepala Auditor Itjen Kemenag, Kepala Biro Keuangan, Direktur Diktis, Direktur PK BLU dan Kasi BAI Dit APK Kementerian Keuangan RI. Sementara Wakil Menteri Agama dijadwalkan menutup acara tersebut pada hari terakhir, Rabu, 31 Maret 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *